Bukan Superman, ternyata Inilah Superhero Tertua di Amerika

Bukan Superman, ternyata Inilah Superhero Tertua di Amerika

Naviri Magazine - Amerika memiliki banyak superhero, dari Batman sampai Spider-Man, dari Superman sampai Iron Man. Tampaknya, Amerika juga menjadi negara yang paling banyak memiliki superhero, yang popularitasnya menjulang di dunia. Popularitas superhero Amerika semakin mewabah setelah film-film buatan Marvel menjadi film-film box office.

Dari banyak superhero yang dimiliki Amerika, siapakah superhero yang paling tua? Sebagian orang mungkin mengira Superman. Tapi ternyata bukan. Superman baru muncul pada tahun 1938, padahal sebelum ada superhero lain yang sudah muncul sejak tahun 1933. Dia adalah Lone Ranger.

Lone Ranger sering disebut-sebut sebagai Zorro versi Amerika. Kisah Zorro sendiri telah lama ada dalam cerita rakyat Meksiko dan terkenal di seluruh dunia, bahkan disebut-sebut sebagai superhero tertua di dunia.

Amerika, sebagai bangsa yang relatif baru ketika itu, melalui George W. Trendle menciptakan superhero sendiri dengan mentransformasi Zorro ke dalam bentuk cowboy, dan jadilah Lone Ranger.

Kemampuan mirip Batman

Lone Ranger memiliki kemampuan mirip Batman, yakni dalam bidang investigasi, senjata, dan bela diri. Lone Ranger juga memiliki sifat misterius, tenang, dan berwibawa. Jika Batman punya Bat Mobile sebagai kendaraan, Lone Ranger punya kuda yang setia menemaninya membasmi kejahatan.

Jika Batman memiliki Robin, Lone Ranger memiliki Tonto

Kita tahu Batman memiliki sidekick, yakni Robin. Lone Ranger juga punya sidekick yakni Tonto, seorang penduduk asli Amerika yang ahli dalam menggunakan alat-alat perang tradisional, dan kuat dalam pertarungan tangan kosong.

Cikal bakal semua superhero di Amerika

Seiring perkembangan zaman, konsep Lone Ranger dianggap tidak relevan lagi karena Amerika semakin modern. Maka George W. Trendle, sang pencipta Lone Ranger, mencetuskan ide baru untuk menciptakan Lone Ranger versi kota, yakni The Green Hornet, yang diceritakan sebagai keturunan Lone Ranger.

Green Hornet inilah yang kemudian dibeli oleh DC Comics, dan menjadi dasar dari semua superhero yang diciptakan DC Comics. Dari sinilah Marvel mulai lahir untuk meniru dan mengikuti jejak DC Comics.

Pernah tayang di TVRI tahun 70-80-an

Serial TV "The Lone Ranger" yang dibintangi Clayton Moore, pada 1950-an, sempat tayang di Indonesia pada era 70-80-an. Waktu itu tentunya tayang di channel TV satu-satunya di Indonesia, yakni TVRI. Serial ini cukup sukses di Indonesia. Anak-anak tahun 70-80-an pasti kenal dengan Lone Ranger dan Tonto.

Dibuat film remake tahun 2013

Superhero tertua di Amerika ini dibuat ulang pada 2013. Film ini dibintangi Armie Hammer sebagai Lone Ranger, dan Johnny Depp sebagai Tonto. Namun uniknya, di film ini justru Tonto lebih banyak ditonjolkan, dan menjadi tokoh sentral yang karismatik, sementara Lone Ranger sendiri justru tampak sebagai sidekick Tonto.

Related

Entertaintment 3324855636091201939

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item