Pencuri Ini Menjual Motor Curian Pada Pemilik Motor yang Ia Curi

Pencuri Ini Menjual Motor Curian Pada Pemilik Motor yang Ia Curi

Naviri Magazine - Rian Hidayat, pelaku curanmor asal Palembang, Sumatera Selatan, secara sadar memanfaatkan kemajuan digital untuk memasarkan barang curiannya di Internet. Tapi Rian lupa bahwa selain bisa dilihat calon pembeli potensial, iklan tersebut juga bisa dilihat oleh korban yang motornya ia curi.

Benar saja, Andika, sang korban yang baru kehilangan motornya gara-gara ulah Rian, berselancar di internet dan menemukan motornya dipajang di Facebook. Melihat ini, Andika punya inisiatif.

Sembari mengajak polisi Seberangi Ulu II ikut serta, Andika menerima permintaan Rian untuk melakukan transaksi langsung di atas Jembatan Musi IV, Palembang, tiga hari setelah pencurian. Andika meyakinkan polisi bahwa itu memang motornya, karena meskipun sudah dipereteli, ia melihat pelek dan tabung shock di motor tersebut masih persis seperti motornya yang hilang.

Di hari perjanjian, Rian menanti calon pembeli datang. Sayang, bukannya pembeli yang datang membawa uang, malah polisi yang datang membawa borgol. Rian diamankan dengan dugaan mencuri dan menjual barang curian di Facebook.

"Rian kami amankan saat menunggu pemilik motor, yakni Andika, di Jembatan Musi IV. Rian mengaku motor tersebut dibeli dari pencuri bernama Iyan yang juga rekannya (Rian)," ujar Kapolsek Seberang Ulu II Palembang, Komisaris Yenni Diarty, dilansir CNN Indonesia.

Curanmor model begini bukan dia seorang. Juli lalu, peristiwa serupa terjadi di Patumbak, Sumatera Utara. Setelah sukses mencuri motor Simamora (29), Anggi (30) memanfaatkan situs jual beli online untuk memperdagangkannya. Iklan tersebut lantas dilihat Simamora yang kemudian memutuskan untuk menjebak Anggi: Ia pura-pura jadi calon pembeli dan merencanakan pertemuan buat lihat-lihat barang.

Bedanya dengan kasus sebelumnya, kalau Andika datang langsung bawa polisi, Simamora datang membawa kawan-kawannya yang emosi. Niat lihat-lihat barang berubah menjadi penghakiman massal, karena Anggi langsung jadi bulan-bulanan Simamora dan rekan-rekannya. Setelah itu, Simamora baru menyerahkan Anggi ke Mapolsek Patumbak.

"Pelaku telah kita tahan. (Kasus) masih kita kembangkan. Mudah-mudahan ada barang bukti lain," ujar Kanit Reskrim Polsek Patumbak, Iptu Budiman Simanjuntak, sesaat setelah Anggi diserahkan.

Di Tangerang Selatan, giliran polisi yang berhasil memanfaatkan kebodohan pelaku curanmor yang majang barang curiannya di media sosial. Januari lalu, Polres Tangerang Selatan menangkap pelaku yang menjual motor Honda Scoopy, seharga Rp1,5 juta di Facebook.

Tim Siber kemudian curiga, karena beberapa hari sebelumnya ada laporan motor hilang dengan ciri yang sama, dari korban bernama RH (16).

Related

World's Fact 4918843705304883233

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item