Tips Menjaga Kebersihan Mulut dengan Cara Menyikat Gigi yang Benar

Tips Menjaga Kebersihan Mulut dengan Cara Menyikat Gigi yang Benar

Naviri Magazine - Cara paling efektif untuk menjaga kebersihan mulut memang secara mekanis, yaitu dengan menyikat gigi. Akan tetapi, cara menyikat yang terlalu keras dapat menyebabkan gusi terluka.

Gesekan sikat gigi, terutama pada teknik penyikatan gigi dalam arah vertikal dengan bulu sikat yang keras disertai tekanan yang agak kuat, dapat menyebabkan gusi turun.

Jadi, bagaimana cara menggosok gigi yang baik agar gigi dan gusi kita tetap sehat?

Pertama, sikat gigi harus bergagangan lurus dan berbulu lembut.

Teknik sikat giginya:

Sikatlah semua permukaan gigi secara vertikal dan horizontal, maju mundur, rahang atas dan bawah. Saat menyikat secara vertikal, gigi rahang atas disikat dari atas ke bawah, dan gigi rahang bawah disikat dari bawah ke atas.

Sekadar saran, sebaiknya posisi sikat gigi 45° di perbatasan antara gusi dan gigi. Sikatlah permukaan dalam gigi yang menghadap langit-langit dan lidah. Sikat permukaan luar gigi yang menghadap pipi dan bibir.

Sikat permukaan gigi yang dipakai mengunyah.

Jangan lupa, sikat permukaan atas lidah.

Setelah itu, berkumur satu kali saja. Fluor dari pasta gigi yang masih tersisa akan membantu mengembalikan mineral gigi, menghilangkan plak gigi, dan mempercepat pertumbuhan gigi permanen (bagi anak berusia kurang dari enam tahun).

Related

Tips 492405780842761931

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item