Ini 4 Cara Sehat dan Alami untuk Meredakan Masalah Radang Gusi

Ini 4 Cara Sehat dan Alami untuk Meredakan Masalah Radang Gusi

Naviri Magazine - Radang gusi sering kali disepelekan masyarakat. Banyak yang tak tahu, jika kondisi ini dibiarkan dapat membuat kondisi gusi semakin parah, dan pastinya mengganggu aktivitas.

Gusi bengkak biasanya jadi tahap awal gejala radang gusi atau penyakit periodontitis. Jaringan darah di gusi yang terkontaminasi bakteri bisa menjalar ke bagian organ penting lainnya.

Radang gusi biasanya disebabkan karena pembentukan plak yang tidak hilang sempurna saat menggosok gigi. Plak itu menjadi sarang bakteri, dan menyebabkan kantung gusi penyangga gigi terganggu.

Ada berbagai bahan alami yang bisa digunakan sebagai pertolongan pertama saat mengalami radang gusi. Bahan alami ini mencegah komplikasi dan mengurangi pembengkakan.

Dilansir dari laman Step to Health, berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi radang gusi.

Air hangat dan garam

Larutan air hangat dan garam bisa digunakan sebagai obat kumur. Cairan ini menghentikan pendarahan dan mengurangi bengkak. Garam mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri, yang dapat menekan bakteri di sekitar gusi.

Gunakan larutan ini dua atau tiga kali sehari, sampai bengkak berkurang.

Lemon

Mempunyai sifat alkai dan antibiotik sehingga membantu mengatasi radang gusi. Senyawanya juga bisa mengobati infeksi dan menekan bakteri. Minumlah air lemon dua kali sehari, hingga radang membaik.

Cuka apel

Cuka apel bermanfaat menyeimbangkan tingkat keasaman (pH) mulut dan lingkungan bakteri penyebab infeksi. Cuka sari apel bisa dipakai sebagai obat kumur alami saat radang gusi. Kelebihan lainnya, cuka apel mencegah bau mulut.

Obat-obat alami itu bisa digunakan untuk tahap pertama pengobatan terhadap radang gusi. Jika tak kunjung membaik, sangat dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi.

Akan lebih baik lagi jika kita melakukan pencegahan, jika saat ini kondisi gigi cukup sehat. Salah satu caranya adalah dengan rajin menjaga kebersihan rongga mulut dengan rutin menggosok gigi.

Related

Tips 6549581533567723967

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item