Kasus Orang-orang Tidur di Desa Kalachi yang Membingungkan

Kasus Orang-orang Tidur di Desa Kalachi yang Membingungkan

Naviri Magazine - Sebuah desa di Kazakhstan, bernama Kalachi, menyimpan fenomena yang hingga kini belum ada penjelasannya. Satu dari 10 warganya bisa tertidur hingga enam hari tanpa bisa dibangunkan. Penduduk desa yang berjumlah sekitar 600-an orang itu menyebutnya sebagai epidemi tidur. Fenomena ini disertai halunisasi, pusing, lemah, dan kehilangan daya ingat.

Kalachi berada 445 km dari Astana, ibu kota Kazakhstan. Dulu desa tersebut merupakan kawasan terlarang, dan masuk dalam kategori top secret, karena memiliki tambang uranium.

Dalam sebuah laporan dokumenter yang dirils oleh situs ternama Rusia, RT.com, tambang uranium yang ditutup pada 1980 disebut sebagai penyebab fenomena di Kalachi. Namun fakta ini terbantahkan, karena penduduk di desa terdekat, Krasnogorsk, yang sama-sama dekat dengan tambang uranimum, tidak mengalami kasus epidemi tidur.

Sementara penduduk setempat punya teori sendiri yang menyatakan mereka merupakan korban konspirasi dari uji coba pemerintahnya. Teori lain menyebutkan virus alien yang menyebabkan mereka bisa tertidur berhari-hari.

Sebuah laporan yang diterbitkan Siberian Times menyatakan, sejumlah ahli dari berbagai disiplin ilmu telah melakukan pemeriksaan dan uji coba sebanyak 7.000 kali pada tanah, air, udara, sampel darah penduduk desa, kuku, rambut, namun tetap tak menemukan penjelasan yang signifikan.

Kalachi kemudan dilabeli sebagai Sleepy Valley atau Sleepy Hollow. Penduduk desanya bisa tiba-tiba tertidur di mana pun dan kapan pun. Di sekolah, kantor, bahkan di jalan.

Salah seorang penduduknya menceritakan pengalamannya kepada Siberian Times. "Saya sedang minum susu seperti biasa di pagi hari, dan kemudian tertidur. Saya kemudian tak ingat apa-apa. Saya terbangun di ranjang di rumah sakit, dan perawat menyapa, 'akhirnya kamu bangun’," jelasnya.

Fenomena aneh ini terjadi secara berkala dalam suatu periode tertentu; di malam tahun baru 2013, Mei 2014, dan terbaru Oktober 2014.

Untuk mencari penjelasan yang lebih berarti, pemerintah Kazakhstan membentuk suatu komisi khusus beranggota lintas kementerian. Namun hingga kini fenomena tidur di Kalachi tetap misteri.

Related

World's Fact 8969601594988025384

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item