Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Sikat Gigi Elektrik

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Sikat Gigi Elektrik

Naviri Magazine - Sejak pertama kali diciptakan pada 1930-an, sikat gigi terus mengalami perubahan dan perbaikan, bahkan modernisasi. Selain bentuknya yang makin bagus dan mudah digunakan, kini bahkan sudah ada sikat gigi elektrik, yang memungkinkan penggunanya membersihkan gigi dengan lebih mudah.

Sikat gigi apa yang Anda gunakan saat ini? Masih menggunakan sikat gigi manual, atau sikat gigi elektrik? Berikut ini adalah uraian mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan sikat gigi elektrik.

Kelebihan

1. Cocok untuk anak-anak dan orang yang memiliki keterbatasan gerak

Dengan sikat gigi elektrik, yang harus dilakukan hanya memposisikan sikat pada sudut 45 derajat, dan biarkan sikat bekerja dengan sendirinya.

Sikat gigi elektrik dapat menjadi alat yang memudahkan rutinitas harian bagi orang-orang yang memiliki kesulitan menggunakan tangan mereka, misalnya untuk golongan manula, dan mereka yang memiliki arthritis, atau jika dokter menyarankan penggunaan sikat gigi elektrik karena dianggap sikat gigi manual tidak maksimal.

2. Efektif mengurangi plak dan gingivitis

Dibandingkan sikat gigi biasa, sikat gigi elektrik terbukti ampuh mengurangi plak 21 persen lebih banyak, dan menurunkan risiko gingivitis (radang gusi) hingga 11 persen—sekaligus meningkatkan kesehatan gusi—setelah 3 bulan penggunaan rutin, terutama jika menggunakan sikat gigi elektrik yang menggunakan fitur rotation oscillation (bulu sikat berputar sekaligus bolak-balik).

3. Ada timer dan tidak perlu menggosok terlalu keras agar lebih bersih

Saat menyikat gigi dengan sikat elektrik, kelembutan tekanan pada gusi dan gigi bisa diatur. Waktu membersihkan gigi juga bisa diatur. Banyak dari produk sikat gigi elektrik yang memiliki fitur built-in timer, yang akan menghentikan perputaran sikat secara otomatis, begitu waktu habis.

Dengan begitu, risiko menyikat terlalu lama dan terlalu keras yang justru merusak gigi dapat dihindari.

Kekurangan

1. Harga mahal

Harga sikat gigi elektrik jelas lebih mahal dibanding sikat gigi biasa. Kepala sikat gigi elektrik juga perlu diganti sesering mungkin, sama seperti sikat gigi manual. Repotnya, banyak dari kepala sikat gigi elektrik cadangan ini dijual terpisah. Jadi, bersiaplah untuk menyediakan biaya tambahan.

Selain itu, alat ini termasuk peralatan yang ringkih. Penggunaan harus hati-hati, karena jika onderdil rusak, biaya reparasinya pun mahal.

2. Tidak praktis

Sikat gigi elektrik cenderung memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga sulit disimpan dalam tas atau koper saat bepergian. Selain itu, baterai harus selalu disiapkan sebagai cadangan darurat, dan tidak boleh lupa membawa charger ke mana pun sikat gigi dibawa.

3. Meningkatkan jumlah bakteri dalam darah

Beberapa studi menemukan bahwa menggunakan sikat gigi elektrik dapat meningkatkan jumlah bakteri dalam aliran darah, melebihi sikat gigi manual.

Tentu saja, hal ini tidak akan menimbulkan risiko bagi orang-orang yang sehat dan memiliki kekebalan tubuh prima. Tapi, bisa meningkatkan kemungkinan risiko memperoleh infeksi berpotensi bahaya pada jantung, untuk orang-orang yang memiliki kondisi jantung tertentu.

Related

Tips 2415147898954689301

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item