Perlu Tahu, Ini 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan YouTuber Pemula

Perlu Tahu, Ini 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan YouTuber Pemula

Naviri Magazine - YouTube tak cuma jadi platform untuk menonton video. Tapi juga menjadi wadah berkarya, dan menjadi kaya sebagai seorang YouTuber.

Namun, perlu diperhatikan juga beberapa hal yang bisa membuat karier kamu sebagai YouTuber meredup dengan cepat. Menurut Fathia Izzati, ada sejumlah kesalahan yang sering dilakukan YouTuber pemula. Apa aja?

Mengejar uang

Kalau dilihat secara materi, mungkin penghasilan menjadi seorang YouTuber memang tinggi. Tapi, jangan cuma fokus di nominalnya. Kualitas konten YouTube juga perlu diperhatikan.

“Kalau aku lihat, kadang video yang lagi viral, terus mereka buat demi viewers yang banyak, dan duitnya juga banyak. Please don’t do that. Enggak semudah itu dan enggak usah terlalu buru-buru. Kalau konten video kamu menarik, pasti banyak yang subscribe, kok,” terangnya.

Terlalu mengumbar kehidupan pribadi

Banyak konten menarik lain yang bisa kamu buat sebagai YouTuber. Jadi, tak melulu harus bikin video yang mengumbar kehidupan pribadi demi sensasi semata.

“Enggak masalah juga, karena itu adalah pilihan. Tapi, menurutku, coba bikin video yang berjangka panjang, kayak kuliner, jalan-jalan, review produk, dan konten lainnya, yang sesuai dengan passion kamu. Menurutku, itu jauh lebih baik,” sarannya.

Gegabah

Ketika menjadi YouTuber, kamu juga harus bertanggung jawab atas kontenmu. Jangan asal mengunggah video sensasional yang justru bisa menjerumuskan kamu.

“Karena video yang kita unggah itu bisa aja ditonton oleh seluruh orang di dunia. Makanya penting untuk berhati-hati, karena konten YouTube itu menjadi tanggung jawab kamu juga, kan,” ucap Fathia yang kini memiliki 634 ribu subscriber di kanalnya.

Tak punya tujuan

Kesalahan terakhir yang biasanya dilakukan oleh YouTuber pemula adalah bikin video tanpa punya tujuan. Fathia menyebut, tak sedikit yang bikin konten cuma karena terpaku dengan sesuatu yang viral.

"Jadinya suka lupa tujuan awal mereka apa. Alhasil, video di kanalnya acak, dan enggak jelas arahnya mau ke mana. Ini salah satu kesalahan yang harus diperbaiki. Dengan cara apa? Bisa bikin planning, atau buat time table harus melakukan apa aja,” papar YouTuber yang kerap berkolaborasi dengan Agung Hapsah itu.

Related

Internet 5383545993875930990

Recent

item