Asal Usul Klorofil, Zat Hijau Alami yang Terkenal di Dunia

Asal Usul Klorofil, Zat Hijau Alami yang Terkenal di Dunia

Naviri Magazine - Klorofil adalah sel hidup pertama yang tumbuh di bumi dalam bentuk alga biru hijau. Kata “klorofil” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “chloros” yang berarti “hijau”, dan “phyllon” yang berarti “daun”.

Klorofil adalah zat warna hijau alami yang umumnya terdapat dalam daun, sehingga sering disebut juga zat hijau daun. Pada tahun 1818, untuk pertama kalinya Pelletier dan Caventou memakai nama klorofil untuk menggambarkan komplek pigmen yang memberikan warna hijau pada daun tanaman.

Warna hijau tersebut disebabkan karena klorofil tidak efektif dalam penyerapan cahaya gelombang hijau, dan hanya memantulkannya saja. Klorofil menunjukkan serapan maksimum di daerah biru (400-450 nm) dan merah (650-700 nm) dari spektrum tampak.

Klorofil terbagi dalam beberapa bagian. Klorofil A terdapat pada semua tumbuhan autotrof. Klorofil B terdapat pada ganggang hijau chlorophyta dan tumbuhan darat.

Klorofil C terdapat pada ganggang cokelat Phaeophyta dan diatome Bacillariophyta. Dan klorofil D terdapat pada ganggang merah Rhadophyta.

Related

Science 6083845639507952453

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item