Mengenal Jenis-jenis Plastik dan Sifatnya Secara Ilmiah

Mengenal Jenis-jenis Plastik dan Sifatnya Secara Ilmiah

Naviri Magazine - Istilah plastik mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik. Mereka terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer. Ada beberapa polimer alami yang termasuk plastik.

Plastik dapat dibentuk menjadi film atau fiber sintetik. Nama ini berasal dari fakta bahwa banyak dari plastik yang “malleable”, memiliki properti keplastikan. Plastik didesain dengan variasi yang sangat banyak dalam properti yang dapat menoleransi panas, keras, reliensi, dan lain-lain.

Digabungkan dengan kemampuan adaptasinya, komposisi yang umum dan beratnya yang ringan memastikan plastik digunakan hampir di seluruh bidang industri.

Plastik dapat dikategorisasikan dengan banyak cara, tapi paling umum dengan melihat tulang-belakang polimernya (vinyl chloride, polyethylene, acrylic, silicone, dan urethane). Plastik adalah polimer rantai-panjang atom yang berikatan satu sama lain. Rantai ini membentuk banyak unit molekul berulang, atau “monomer”.

Plastik yang umum terdiri dari polimer karbon saja atau dengan oksigen, nitrogen, chlorine, atau belerang di tulang belakangnya. Tulang belakang adalah bagian dari rantai di jalur utama yang menghubungkan unit monomer menjadi kesatuan. Secara umum, plastik digolongkan menjadi dua macam, yaitu:

1. Merupakan jenis plastik yang bisa didaur-ulang lagi dengan proses pemanasan ulang. Contoh: polietilen (PE), polistiren (PS), ABS, polikarbonat (PC).

2. Merupakan jenis plastik yang tidak bisa didaur-ulang lagi. Pemanasan ulang akan menyebabkan kerusakan molekul-molekulnya. Contoh: resin epoksi, bakelit, resin melamin, urea-formaldehida.

Related

Science 2799747387906803116

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item