Misteri Penemuan Gua dari Zaman Purba di Kabupaten Maros, Sulawesi

 Misteri Penemuan Gua dari Zaman Purba di Kabupaten Maros, Sulawesi

Naviri Magazine - Sebuah lukisan gua purbakala kembali ditemukan di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Di dalamnya terekam sebuah adegan perburuan anoa yang dilakukan oleh sekelompok manusia setengah binatang. Para arkeolog memperkirakan usia lukisan ini mencapai lebih dari 44.000 tahun.

Penemuan lukisan gua di Indonesia sebenarnya sudah terjadi sejak 1950-an dan berlanjut hingga 2018.

Namun, kebanyakan lukisan yang ditemukan di gua-gua purba di Sulawesi dan Kalimanan hanya merekam bentuk-bentuk hewan atau objek tertentu yang bersifat kiasan. Lukisan gua di Maros dianggap sangat penting karena untuk pertama kalinya manusia digambarkan dalam aktivitas berburu.

“Saya belum pernah melihat hal semacam ini sebelumnya. Selama ini kami sudah melihat ratusan lukisan gua di kawasan ini, tapi kami belum pernah melihat sesuatu yang menggambarkan adegan perburuan,” kata Adam Brumm, peneliti dari Universitas Griffith Australia, seperti dikutip dari Nature.

Meski masih diperdebatkan, sebagian arkeolog percaya lukisan yang ditemukan di antara ratusan gua purba di daerah Kars Maros-Pangkep ini menyimpan narasi cerita tertua yang pernah dituturkan oleh nenek moyang manusia modern, yakni Homo sapiens.

Related

Science 2619500647824408608

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item