Ternyata, Ada Pohon yang Bisa Pindah Tempat Sendiri

Ternyata, Ada Pohon yang Bisa Pindah Tempat Sendiri

Naviri Magazine - Dalam film Lord of the Ring, kita menyaksikan pohon raksasa Ent yang bisa berpindah tempat dan dapat berjalan-jalan seperti manusia. Di dunia nyata, ada pohon yang dapat bergerak sendiri, meski tidak “seatraktif” pohon Ent dalam film Lord of the Ring.

Di hutan hujan tropis Amerika Selatan, ada sejenis pohon palem yang bisa bergeser dari tempatnya semula. Pohon ajaib itu disebut Socratea exorrhiza, atau sering pula disebut Walking palm.

Pohon itu dapat tumbuh hingga setinggi 25 meter, dengan diameter sekitar 16 sentimeter. Bagaimana pohon itu bisa bergerak dan berpindah tempat?

Rupanya, pohon itu bisa berpindah tempat karena pergerakan akar yang mengikuti arah cahaya matahari. Akar yang tidak mendapatkan sinar akan mati, kemudian digantikan pertumbuhan akar yang baru.

Bentuk akarnya muncul dari bagian batang seperti tentakel gurita. Dengan adanya pergantian akar yang mati dan digantikan akar baru itu, pohon tersebut bergeser perlahan-lahan dari tempatnya semula.

Menurut penelitian, dalam waktu 1 tahun, pohon itu dapat bergeser dari tempatnya semula sejauh 1 meter.

Related

Science 8526969131062771394

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item