Mengenal Porifera, Hewan Multiseluler Paling Sederhana

Mengenal Porifera, Hewan Multiseluler Paling Sederhana

Naviri Magazine - Porifera (spons) atau hewan berpori adalah sebuah filum untuk hewan multiseluler yang paling sederhana. Porifera memiliki tubuh yang asimetri atau tidak beraturan, meski ada yang simetri radial. Umumnya berbentuk seperti tabung, vas bunga, mangkuk, atau tumbuhan, dengan warna yang bervariasi.

Porifera hidup secara heterotrof, dan makanannya adalah bakteri serta plankton. Makanan yang masuk ke tubuhnya dalam bentuk cairan, sehingga porifera disebut juga pemakan cairan. Habitat porifera umumnya di laut.

Dalam reproduksi, porifera melakukan reproduksi secara aseksual maupun seksual. Reproduksi secara aseksual terjadi dengan pembentukan tunas dan gemmule, atau tunas internal.

Gemmule dihasilkan menjelang musim dingin dalam tubuh porifera yang hidup di air tawar. Sedangkan reproduksi secara seksual dilakukan dengan cara peleburan sel sperma dengan sel ovum, dan pembuahan terjadi di luar tubuh porifera.

Related

Science 2610579764074336995

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item