Rahasia Sukses di Balik Huawei dan Alibaba yang Mendunia

Rahasia Sukses di Balik Huawei dan Alibaba yang Mendunia

Naviri Magazine - Huawei didirikan oleh Ren Zhengfei ketika menginjak usia 43 tahun. Banyak analis keamanan Amerika Serikat percaya bahwa pada 1983, tiga tahun sebelum Huawei didirikan, Zhengfei menjabat direktur Akademi Teknik Informasi Pembebasan Rakyat (PLA), sebuah organisasi yang mereka yakini terkait divisi intelijen Cina 3PLA.

Karena faktor Zhengfei itulah, Huawei dianakemaskan oleh Beijing sehingga bisa berkembang menjadi salah satu perusahaan asal Cina di tingkat global. Belakangan, Huawei menjadi pemain utama pengembangan infrastruktur internet di Korea Utara.

Selain Huawei, akses ke orang-orang kuat di pemerintahan (akrab disebut “Guan Xi”) juga dimiliki oleh Alibaba. Sebagaimana diwartakan BBC, bos Alibaba, Jack Ma, adalah anggota Partai Komunis Cina. Dalam banyak kesempatan, Ma sering membela kebijakan-kebijakan pemimpin Cina, Xi Jinping. Misalnya, kebijakan pemblokiran kekuatan internet asing di Cina, yang dikenal sebagai The Great Firewall of China.

Menurut pandangan Ma, jika misalnya Facebook dan kawan-kawan ingin masuk ke Cina, “ikutilah aturan ala Cina”. Maksudnya, ikutilah kebijakan Xi Jinping.

Praktik Guan Xi tak hanya dilakukan penggerak Huawei atau Alibaba, tapi juga Xiaomi, Baidu, Tencent, dan perusahaan teknologi besar Cina lainnya.

Dalam studi berjudul “The Effects of Business and Political Ties on Firm Performance: Evidence from China” (2011), Shibin Sheng menyatakan bahwa praktik merangkul penguasa tumbuh subur, khususnya di negara berkembang atau di negara otoriter.

Menurut Sheng, “negara berkembang (dan otoriter) mengalami perubahan cepat dalam lembaga ekonomi, sosial, dan hukum, yang menciptakan tantangan berat bagi pengusaha.”

“Dalam keadaan yang demikian, ikatan sosial pada penguasa muncul sebagai opsi strategis penting yang memungkinkan perusahaan untuk mengamankan sumber daya dan menangani lingkungan yang tidak pasti,” tulis Sheng.

Related

Business 5298746535644214958

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item