Rumah yang Berantakan Bisa Berdampak Buruk Pada Kesehatan Kita

Rumah yang Berantakan Bisa Berdampak Buruk Pada Kesehatan Kita

Naviri Magazine - Barang-barang yang berantakan dapat mempengaruhi tingkat kecemasan seseorang, juga kualitas tidur, dan kemampuan mereka untuk fokus.

Barang-barang tersebut juga dapat membuat kita jadi kurang produktif, dan memicu kita untuk melakukan hal-hal kurang produktif seperti menonton acara TV sambil makan cemilan, termasuk menonton acara Marie Kondo.

Hasil riset menunjukkan bahwa lingkungan fisik di sekitar kita mempengaruhi kognisi, emosi, dan perilaku kita secara signifikan, termasuk hubungan kita dengan orang lain

Mengapa barang-barang yang berantakan mempunyai efek buruk bagi otak anda?

Tumpukan kertas yang tersebar di sekitar rumah mungkin terlihat tidak berbahaya bagi sebagian orang. Namun penelitian menunjukkan bahwa hal-hal yang tidak terorganisir dan ketidakteraturan memiliki efek buruk yang bersifat kumulatif pada otak kita.

Otak kita menyukai keteraturan, dan otak akan terus mengingatkan jika ada barang-barang yang berantakan. Hal ini menguras sumber daya kognitif kita, dan dapat mengurangi kemampuan kita untuk fokus.

Distraksi visual dalam bentuk ketidakteraturan ini dapat membebani sumber daya kognitif kita dan mereduksi kemampuan ingatan kita.

Pada tahun 2011, peneliti neurosains yang menggunakan pencitraan resonansi magnetik (functional magneting resonance imaging) dan ukuran fisiologis lain menemukan fakta bahwa membersihkan barang-barang yang berantakan di lingkungan rumah dan kantor membuat orang dapat fokus, dan dapat memproses informasi dengan lebih baik. Beres-beres juga dapat meningkatkan produktivitas.

Related

Science 9106115282316217214

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item