Johny Indo, Kisah Perampok yang jadi Bintang Film Populer Indonesia

Johny Indo, Kisah Perampok yang jadi Bintang Film Populer Indonesia

Naviri Magazine - Johanes Hubertus Eijkenboom, atau lebih populer dengan nama Johny Indo, lahir di Garut, Jawa Barat, 6 November 1948. Pria 71 tahun ini meninggal dunia pada Minggu (26/1) pagi, sekitar pukul 07.45 WIB.

Johny Indo pernah tenar di Indonesia. Awalnya, ia terkenal sebagai perampok toko emas di Jakarta dan sekitarnya, pada era tahun 1970-an, bersama kelompoknya, Pachinko. Padahal, sebelumnya, Johny terlebih dulu berpose sebagai seorang fotomodel. Ia kerap tampil sebagai bintang iklan, seperti iklan obat batuk hingga produk rokok.

Nama Johny mencuat seketika usai merampok toko emas di Cikini, Jakarta Pusat. Tak hanya sekali, Johny dan kawanannya saat itu mengulangi aksi yang sama sampai empat kali. Semua sasaran komplotan itu adalah toko emas.

Di kala menjalani hukuman, ia sempat melarikan diri pada 1982. Pelarian yang hanya berusia 12 hari itu sempat jadi sensasi nasional, tetapi akhirnya Johny menyerahkan diri.

Setelah bebas, Johny mendapat kesempatan untuk bermain film. Uniknya, film itu bercerita tentang kehidupannya sendiri, bertajuk Johny Indo, Kisah Nyata Seorang Narapidana (1987). Dari sana, ia beranjak ke sejumlah judul lain, seperti Badai Jalanan (1989), Misteri Cinta (1989), hingga tiga film di tahun 1991, yakni Ajian Ratu Laut Kidul, Misteri Ronggeng, serta Daerah Jagoan.

Setelah era 1990-an, nama Johny Indo cenderung meredup. Ia diketahui sempat menjadi mualaf, juga naik haji pada awal tahun 2000-an. Johny lalu berganti nama menjadi Umar Billah, dan tak jarang berdakwah.

Related

News 2783013503398394714

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item