Belum Reda Virus Corona, Ilmuwan Menemukan Virus Misterius di Brazil

Belum Reda Virus Corona, Ilmuwan Menemukan Virus Misterius di Brazil, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Di tengah ketakutan soal virus corona dari China, sejumlah ilmuwan yang terdiri dari Universitas Aix Marseille Prancis dan Universitas Federal Minas Gerais Brazil menemukan virus misterius di Brazil, dengan gen yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Mereka menamai virus itu Yaravirus, yang diambil dari nama mitologis Dewi Air Brazil. Sebab, virus ini ditemukan di Danau Paumpulha, Kota Belo Horizonte.

"Sebagian besar virus amuba yang teridentifikasi telah terlihat berbagi banyak material. Virus ini membawa sejumlah penting gen yang sebelumnya belum ditentukan," tulis penulis karya ilmiah BioRxiv, dikutip New York Post.

Mereka juga belum bisa memastikan dengan jelas kapan virus yara terbentuk, dan di mana virus ini berevolusi.

"Penting untuk mengisolasi virus baru yang mirip dengan Yaravirus untuk meningkatkan analisis kami, dan mencoba untuk menentukan asal-usulnya," tutur Profesor di Universitas Federal Brazil, Jonatas Abrahao, kepada portal berita Live Science.

Berdasarkan karya ilmiah BioRxiv, virus yara hanya memiliki ukuran 80 nanometer atau sekitar 0,1 persen ketebalan rambut manusia. Virus ini memiliki kemampuan untuk menginfeksi amuba lain.

Kendati demikian, ilmuwan belum bisa mengeluarkan hipotesis apakah virus yara berhaya bagi manusia atau tidak.

Penemuan virus yara di Brazil berbarengan dengan wabah virus corona (COVID-19) dari Wuhan, China. Saat ini, jumlah orang yang meninggal akibat terinfeksi virus corona di seluruh dunia terus melonjak.

Related

Science 6588631947123481309

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item