Erick Thohir Mengkritik Program Rumah DP 0 Persen: Itu Tidak Mendidik!

Erick Thohir Mengkritik Program Rumah DP 0 Persen: Itu Tidak Mendidik!

Naviri Magazine - Pemerintah masih berupaya mendorong penyediaan hunian terjangkau bagi milenial. Namun Erick Thohir, sebagai Menteri BUMN, menegaskan tak akan menerapkan DP Rp 0 pada KPR yang disalurkan BUMN untuk program penyediaan rumah.

Menurut Erick, hal tersebut tak mendidik bagi masyarakat yang disasar dalam program penyediaan rumah tersebut.

"Saya tidak setuju zero down payment, zero percent. Karena kenapa, itu tidak mendidik generasi muda kita menabung," kata Erick saat mengisi kuliah umum, di Jakarta.

Erick juga khawatir, dengan DP 0% rumah itu tidak dibeli generasi muda namun trader.

"Jangan-jangan yang zero-zero itu bukan anak mudanya, trader diambil dijual lagi. Kalau dia biasakan mencicil, dia akan punya tanggung jawab, tapi akses cicilan 20-30 tahun dan cicilannya tidak memberatkan," sambungnya.

Program rumah DP Rp 0 sebelumnya dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Program tersebut merupakan janji kampanye Anies saat mencalonkan diri sebagai Gubernur.

Adapun program penyediaan rumah yang dicanangkan pemerintah pusat bakal tetap memudahkan masyarakat memiliki rumah. Ia belum mau merinci bagaimana skemanya, hanya saja nantinya PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN tetap bakal jadi ujung tombak penyaluran KPR bagi milenial ini.

Bank BTN nantinya akan bekerja sama Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

"Karena memang milenial sulit untuk mendapatkan rumah, karena itu kita kasih easy akses," tegasnya.

Untuk mewujudkan sejuta rumah ini, rencananya Erick akan ke Jepang untuk mencari 'dana murah' guna mewujudkan rumah milenial.

"Minggu ini juga saya berangkat lagi ke ke Jepang, ketemu JBIC penugasan, untuk memastikan juga bahwa hal-hal pembangunan, khususnya satu juta rumah buat milenial, bisa tercapai," katanya.

"Tidak mungkin dengan dana bank sekarang, mana mampu, bunga harus murah, kita harus cari negara bunga murah," imbuhnya.

Related

News 6519469466502256969

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item