Google Maps Dikerjai dengan 88 Ponsel Hingga Tertipu, Ini Tanggapan Google

Google Maps Dikerjai dengan 88 Ponsel Hingga Tertipu, Naviri Magazine, naviri.org

Naviri Magazine - Seniman Jerman, Simon Weckert, jadi buah bibir karena berhasil ‘meretas' Google Maps. Dia berhasil menciptakan kemacetan palsu di peta digital milik Google ini.

Sebuah jalan di Jerman yang sepi dari kendaraan, tiba-tiba menjadi jalan padat dan macet di Google Maps. Semula, jalan tersebut berwarna hijau di Google Maps, tetapi kemudian berubah menjadi merah atau macet.

Caranya, dia membawa 99 ponsel yang terhubung dengan Google Maps, di sebuah gerobak kecil. Dia membawa gerobak tersebut sambil berjalan. Alhasil, semua jalan yang dilaluinya berwarna merah di Google Maps.

"Layanan peta Google telah mengubah pemahaman kita secara mendasar, tentang apa itu peta, bagaimana kita berinteraksi dengan peta, keterbatasan teknologinya, dan bagaimana tampilannya," ujar Simon Weckert, seperti dilansir dari Futurism.

Usut punya usut, hal ini bisa terjadi karena Google menggunakan crowdsource untuk memetakan kondisi lalu lintas jalan. Jadi Google mengumpulkan data pengguna mengenai lokasi, mobilitas hingga kecepatan, ketika pengguna mengizinkan Google mengakses perangkat.

Dengan data tersebut, Google menyimpulkan kondisi jalanan. Jadi bayangkan ada 99 ponsel yang dideteksi bergerak lambat secara bersamaan dan di jalan yang sama, Google mengartikan ini sebagai lalu lintas padat atau macet.

Seorang engineer senior Google Maps, bernama Torrey Hoffman, mengungkapkan hal tersebut mungkin saja terjadi.

Menanggapi temuan ini, Google mengatakan pihaknya memang menggunakan sejumlah besar perangkat untuk menjalankan Maps, untuk memantau lalu lintas.

"Baik melalui mobil, kereta, atau unta, kami senang melihat pengguna kreatif memakai Google Maps, karena membantu kami membuat peta berfungsi lebih baik seiring waktu," ujar Google seperti dilansir dari 9to5.Google.com.

Related

Technology 2952041314504401813

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item