Hati-hati, Pegang Setang Motor Terbalik Bisa Didenda Rp 3 Juta

Hati-hati, Pegang Setang Motor Terbalik Bisa Didenda Rp 3 Juta, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Kendati pengguna sepeda motor di Indonesia merupakan salah satu yang terbanyak di dunia, namun belum seluruhnya memahami cara berkendara yang baik dan benar. Bahkan, untuk hal dasar seperti memegang setang saja, masih banyak yang keliru.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu, menyebut cara memegang setang yang benar ialah dengan mengarahkan punggung tangan ke atas, bukan ke bawah. Meski sudah menjadi syarat umum, tetapi masih ada saja yang salah melakukannya.

"Biasanya, teknik seperti itu untuk estetika saja, biar tangan bagian atas enggak belang. Tapi kan motor perlu keseimbangan. Ketika pengendara bermanuver tiba-tiba, misalnya menghindari lubang, yang pasti dia akan hilang kendali dan membuka peluang terjadinya kecelakaan," terangnya.

Sedang Kapolda Sulawesi Utara, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, mengatakan, teknik berkendara seperti itu merupakan tindakan berbahaya, dan bisa mengancam keselamatan. Dia menyarankan, pengendara motor tidak melakukan aksi akrobatik, atau mencari sensasi dalam berkendara.

"Teknik itu kan cara pegang setangnya salah, mereka cari sensasi atau mungkin sedikit akrobatik. Cuma cari perhatian saja," ujarnya.

Royke menjelaskan, teknik berkendara yang salah akan dikenakan sanksi, seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Dalam Pasal 311 ayat 1 UU Nomor 22/2009 disebutkan, setiap orang yang dengan sengaja mengemudikan kendaraan bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan nyawa atau barang, dapat dipidana penjara paling lama satu tahun atau denda maksimum Rp3 juta. 

"(Aturan mengenai larangan memegang setang terbalik) sudah jelas tercantum dalam UU Nomor 22/2009," kata dia.

Related

Automotive 7593330930571088887

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item