Benarkah Tarif Listrik dan Harga Gas Akan Naik Tak Lama Lagi? Ini Jawabannya

Benarkah Tarif Listrik dan Harga Gas Akan Naik Tak Lama Lagi? naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Pemerintah memastikan belum akan mengerek tarif dasar listrik (TDL) dan gas elpiji 3 kilogram (kg) dalam waktu dekat. Sebelumnya, masyarakat sempat dibuat gempar dengan kabar naiknya tarif listrik dan elpiji.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir, mengungkapkan pemerintah belum membicarakan rencana kenaikan tarif listrik dan elpiji. Ia menegaskan, kabar yang beredar di publik tersebut tidak benar.

"Belum ada rencana kenaikan harga gas. Bahkan, pemerintah belum rapat untuk koordinasikan harga gas, justru para menteri heran kok tidak pernah rapat, lalu ada isu kenaikan harga gas. Listrik juga seperti itu," katanya.

Ia menuturkan, kenaikan harga listrik dan gas elpiji harus melalui keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi), meski nantinya akan menjadi tanggung jawab kementerian teknis. Pasalnya, dua komponen tersebut memiliki dampak kepada masyarakat secara luas.

"Jadi belum ada kenaikan harga gas dan tarif listrik, itu harus diputus oleh presiden, jadi belum pembahasan tentang itu sama sekali," imbuhnya.

Sebelumnya, Kementerian ESDM mengatakan, pemerintah akan menghentikan subsidi untuk golongan pelanggan rumah tangga mampu (RTM) berdaya 900 Volt Ampere (VA) pada 2020. Imbasnya, pelanggan harus mengikuti ketentuan penyesuaian tarif listrik (tariff adjustment) dan berpotensi naik.

Namun, pada akhir 2019 pemerintah membatalkan rencana penyesuaian tarif pelanggan listrik golongan 900 VA bagi rumah tangga mampu. Pemerintah meminta kepada PT PLN (Persero) untuk melakukan verifikasi data pelanggan 900 VA terlebih dahulu, sehingga kebijakan akan kenaikan tarif tepat sasaran.

Saat ini, PLN masih berkoordinasi dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) untuk mengevaluasi data pelanggan kategori rumah tangga tidak mampu dan rumah tangga mampu.

Related

News 1067074719273501772

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item