Viral Video Anak Sekolah Didenda Guru Agama, Karena Nonton Cap Go Meh

 Viral Video Anak Sekolah Didenda Guru Agama, Karena Nonton Cap Go Meh, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Media sosial dihebohkan dengan viralnya sebuah video pengakuan seorang siswa SD, soal denda yang diterapkan gurunya. Video itu viral di berbagai media sosial, seperti yang diunggah akun youtube Ladya ca78oline.

Dalam unggahan akun Ladya ca78oline, terdengar seorang pria bertanya kepada anak-anak soal denda yang diterapkan gurunya, karena menonton Cap Go Meh.

"Yang nonton Cap Go Meh yang beragama Islam, didenda berapa puluh ribu oleh guru agamanya?" tanya pria tersebut.

"30 Ribu," jawab seorang siswi yang mengalami denda dari guru agamanya.

Pria yang bertanya pun kembali menanyakan siapa nama guru agamanya, "Siapa nama gurunya?"

Siswa tersebut kembali menjawab, "Rusnani."

Setelah mendapat jawaban, pria yang merekam video tersebut kembali menanyakan siswa lainnya, namun tak ada yang berani menjawab perihal denda tersebut.

Video klarifikasi dari sang guru yang melakukan denda pun juga jadi sorotan netizen, setelah diunggah akun twitter @tahupetismanis.

"Ini Kepsek dn Guru SDN di Singkawang yg mendenda muridnya gara2 nnton cap Gomeh. Katanya utk pendidikan agama siswa krn itu ritual. Cm melihat, apa auto kapir buk?? Ini malah pendidikan kerukunan dn toleransi antar umat beragama. buukk. Ayo kita sama-sama jaga negeri ini dari ajaran-ajaran intoleran yang bisa menghancurkan Indonesia kita," tulisnya dalam caption unggahannya.

Dalam video, terdengar orang yang merekam video menanyakan perihal aturan denda yang diterapkan guru agama tersebut. Kemudian sang guru menjelaskan bahwa benar mereka memberlakukan denda, walaupun alasannya tak begitu masuk akal.

"Memang benar ada. Nanti kita kumpulkan. Hasilnya untuk hadiah anak-anak juga," ujar sang guru menjelaskan peruntukan uang denda tersebut.

Ketika pria yang merekam video kembali menanyakan soal aturan pemerintah yang membenarkan guru mendenda siswa yang menononton Cap Go Meh, guru tersebut menjawab ada.

"Ada, cuma kan karena siswa ini masih kecil, jadi tidak paham agama," jawabnya.

Fakta-fakta Cap Go Meh

Perayaan Cap Go Meh merupakan penutupan Tahun Baru China, dan perayaan yang sangat meriah. Kota Singkawang di Kalimantan Barat merupakan pusat perayaan Cap Go Meh yang bersifat kolosal. Acara ini sangat terkenal, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Kebudayaan Tionghoa dan Dayak berakulturasi, membuat kota ini mendapat julukan sebagai "Kota Seribu Kelenteng".

Singkawang merupakan kota yang tenang, namun semua berubah ketika Cap Go Meh hadir di tengah penduduknya.

Festival yang merupakan hari ke-15 sekaligus penghujung perayaan Tahun Baru Imlek ini adalah highlight yang tidak boleh dilewatkan saat Anda berlibur ke Singkawang.

Perayaan Cap Go Meh semakin menarik karena ada atraksi Tatung (manusia dirasuki dewa-dewa China). Para Tatung ini dalam keadaan trance atau tidak sadar.

Perayaan di Cap Go Meh di Singkawang dihadiri oleh 700 tatung lebih, yang datang dari penjuru nusantara.

Related

News 5375970092926941483

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item