Inilah Waktu-waktu Khusus Terkabulnya Doa Seorang Muslim

erkabulnya Doa,  Muslim, naviri.org Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Mungkin sebagian dari kita ada yang menggerutu dalam hati, “Kenapa Allah tidak pernah mengabulkan doaku. Usaha sudah, doa sudah.”

Rasulullah telah mengajarkan kepada setiap muslim untuk selalu berdoa kepada Allah SWT di setiap waktu, dan ternyata terdapat waktu-waktu mustajab sehingga doa-doa setiap muslim dapat terkabul jika dipanjatkan dalam waktu-waktu tersebut. Berikut adalah beberapa waktu mustajab terkabulnya doa:

Sepertiga malam terakhir

Dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, dijelaskan bahwa setiap muslim yang memanjatkan doa kepada Allah SWT di waktu sepertiga malam terakhir dan memohon ampunan dosa, maka Allah SWT akan mengabulkan semua doanya, dan memberikan ampunan kepadanya juga.

Waktu bulan Ramadhan

Rasulullah menganjurkan kepada setiap muslim untuk berdoa setelah melaksanakan shalat sunah witir di bulan Ramadhan, dan lebih baik lagi jika mengucapkan doa “subhanal malikil quddus” sebanyak tiga kali, maka Allah SWT akan mengabulkan doa-doa yang dipanjatkannya.

Waktu sahur

Setiap muslim yang membiasakan diri untuk berdoa setelah shalat sunah witir sebelum fajar, yaitu di waktu sahur, maka hal ini merupakan amalan yang paling utama untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, jadi gunakan waktu sahur untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Waktu berbuka puasa

Salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah waktu berbuka puasa, sehingga setiap muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa saat berbuka puasa. Inilah waktu terkabulnya doa di bulan Ramadhan.

Waktu arafah

Waktu arafah merupakan waktu dimana umat Islam yang menunaikan ibadah haji sedang melakukan wukuf di Arafah, yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah. Di waktu ini, seluruh umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa, hal ini telah dijelaskan dalam hadits Nabi yang diriwayatkan Tirmidzi.

Waktu hari Jumat

Hari Jumat merupakan rajanya hari, dan seluruh umat muslim laki-laki yang telah baligh diwajibkan menunaikan ibadah shalat jumat. Selain itu, ternyata hari Jumat merupakan waktu mustajab, sehingga setiap muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa kepada Allah SWT.

Waktu antara adzan dan iqamah

Sebelum shalat jamaah dimulai, didahului adzan dan iqamah. Ternyata, waktu di antara adzan dan iqamah merupakan waktu mustajab untuk memanjatkan doa, hal ini tercantum dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Tirmidzi.

Setelah selesai shalat fardhu

Salah satu waktu mustajab untuk berdoa agar cepat terkabul adalah setelah shalat fardhu. Dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dijelaskan bahwa waktu terkabulnya doa merupakan waktu setelah melaksanakan ibadah shalat fardhu.

Waktu turun hujan

Dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari, dijelaskan bahwa Rasulullah selalu berdoa ketika hujan turun, agar hujan itu membawa keberkahan bagi semua makhluk di dunia.

Waktu setelah mengkhatamkan Al-Qur’an

Setiap muslim yang telah mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak 30 juz, dan dia memanjatkan doa kepada Allah SWT, maka Allah akan mengabulkan doa-doanya dengan cepat.

Waktu berjihad di jalan Allah SWT

Ketika seorang muslim sedang berjihad di jalan Allah SWT, dan dia memanjatkan doa, maka insya Allah doanya terkabul. Namun, saat ini umat muslim tidak perlu berjihad dengan peperangan, karena yang perlu diperangi adalah hawa nafsu diri sendiri.

Demikian waktu-waktu terkabulnya do’a bagi setiap muslim yang memanjatkan doa dengan sungguh-sungguh, dan waktu-waktu ini merupakan waktu mustajab.

Related

Moslem World 8244115720405387719

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item