Ahli: Indonesia Tidak Akan Siap Jika Virus Corona Jadi Pandemi

Ahli: Indonesia Tidak Akan Siap Jika Virus Corona Jadi Pandemi,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Wakil Kepala Eijkman, Herawati Sudoyo, menyatakan Indonesia tidak siap jika virus corona yang menyebabkan SARS-CoV-2 menjadi pandemi. Menurutnya, mitigasi penyakit Indonesia masih buruk.

"Indonesia siap enggak sih kalau seandainya terjadi pandemi? Jawaban saya, tidak, sekarang juga tidak siap. Mitigasi kita itu buruk sekali," ujar Hera di Jakarta, (10/3).

Menurut Badan Kesehatan Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) (World Health Organization/WHO), pandemi adalah penyebaran penyakit baru ke seluruh dunia.

Hera menuturkan, ketidaksiapan Indonesia salah satunya ditandai dari belum mampu menerapkan komunikasi risiko. Dia berkata, informasi perihal SARS-CoV-2 yang sebenarnya terjadi saat ini tidak dikemukakan dengan baik.

Akibatnya, dia berkata, sangat banyak orang yang lebih mempercayai hoaks daripada informasi resmi.

Lebih lanjut, Hera menyampaikan, semua orang bingung dengan SARS-CoV-2. Sehingga, dia juga tidak heran terjadi kepanikan di tengah masyarakat.

"Bukan dari kemarin-kemarin sebelum dilaporkan positif itu kita sudah siap, semuanya ya, mentalnya," ujarnya.

Di sisi lain, Hera berkomentar mengenai hasil modeling penularan SARS-CoV-2 yang ditanggapi secara negatif oleh sebagian pihak. Dia menegaskan, warga Indonesia ada yang terjangkit SARS-CoV-2 karena sangat terbuka.

"Kenapa kita mesti marah. Justru harusnya kita berpikir lebih dalam, jangan-jangan memang benar, dan kelihatannya kalau berdasarkan perhitungan modeling itu benar," ujarnya.

Hera menambahkan, pihaknya belum dapat memastikan mutasi virus dari hewan ke manusia yang menyebabkan SARS-CoV-2. Sebab, dia berkata, SARS-CoV-2 merupakan penyakit baru.

"Semua peneliti di dunia ini sekarang mempelajari laporan dari teman-teman lain yang melakukan penelitian apa yang mereka temukan," ujar Hera. "Jadi setiap hari kita mesti membuka referensi dan kemudian belajar."

Related

News 1345163495326511802

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item