Ternyata, Cuci Tangan Pakai Sabun Tidak Cukup untuk Tangkal Virus

Ternyata, Cuci Tangan Pakai Sabun Tidak Cukup untuk Tangkal Virus naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Pakar kesehatan dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Telly Kamelia, mengatakan, cuci tangan pakai sabun merupakan satu cara untuk mengurangi bakteri, namun tidak dapat membunuh virus.

"Sebenarnya, tujuan kita cuci tangan itu menurunkan kuman, jadi tidak 100 persen menghilangkan kuman di tangan," katanya.

Menurut Telly, masih banyak masyarakat selama ini salah kaprah dengan mengartikan cuci tangan pakai sabun dapat membunuh mikroba. Yang lebih tepat, kata Telly, hanya mengurangi.

Pun dengan penggunaan 'hand sanitizer' atau pembersih tangan dan disinfektan yang dapat membunuh virus. Menurut Telly, penggunaan keduanya untuk membasmi kuman. "Secara logika, kalau virus seharusnya pakai antivirus. Kalau bakteri baru antibiotik," katanya.

Artinya, ujar Telly, tujuan menggunakan pembersih tangan dan disinfektan adalah menjaga tangan tetap bersih, sehingga prevalensi kuman yang masuk ke mulut dapat dikurangi. Sedang untuk antisipasi virus corona, ia menganjurkan masyarakat tetap mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna secara rutin.

Selain itu, vitamin C dalam dosis tinggi diyakini efektif dalam preventif virus, termasuk corona. "Jadi di China sendiri sudah ada penelitian uji klinis menggunakan vitamin C dosis tinggi," katanya.

Telly juga setuju merekomendasikan konsumsi rempah atau empon-empon, karena adanya kandungan antioksidan. Hanya, dia menerangkan, itu tidak membunuh virus, meski bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Tidak hanya itu, gaya hidup seseorang juga dapat mempengaruhi imunitas tubuh, sehingga virus mudah menyerang. Sebagai contoh, setiap orang minimal butuh istirahat tujuh jam.

"Kalau tidurnya kurang dari tujuh jam, maka itu menurunkan imunitas tubuh, sehingga penyakit gampang masuk," katanya.

Related

News 7695647704005212300

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item