Dari Tabloid BOLA Sampai Majalah HAI, Media Cetak Indonesia Berguguran

Dari Tabloid BOLA Sampai Majalah HAI, Media Cetak Indonesia Berguguran,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - “Halo, BOLAMania, seperti kabar yang sudah beredar, kami memang akan pamitan. Sebagai pembaruan informasi, dua edisi terakhir akan terbit pada Jumat (19/10), yang akan membahas Derbi Milano, dan edisi pamitan pada Jumat (26/10),” tulis Tabloid BOLA di akun resminya @TabloidBOLA, pada Rabu (17/10) pukul 19.38 WIB.

Cuitan yang disertai hashtag #TerimaKasihPembaca itu mendapat 500-an tanggapan dan di retweet 2 ribuan kali oleh pada netizen.

Kalimat tersebut merupakan sambungan dari cuitan sebelumnya yang bertuliskan, “Sesuai sejarahnya, edisi pertama BOLA pada 1984 terbit pada hari Jumat, dan akan berakhir pada Jumat pula. Terbit 56 halaman dan full color” tulis akun @TabloidBOLA yang masih menyertainya dengan hashtag #TerimaKasihPembaca.

Perubahan lanskap bisnis yang sekarang lebih mengarah pada digital, turut menjadi penyebab tabloid yang resmi terbit secara mandiri sejak 1 April 1988 ini berhenti edar. Media olahraga yang berada di bawah naungan Kompas Gramedia Group ini resmi memberangus edisi cetaknya, dan akan mempertahankan edisi online melalui situs bolasport.com

“Melihat dari lanskap bisnis, terjadi perubahan sebanyak 80-85 persen di pasar. Perubahan itu bukan hanya di Kompas Gramedia (KG), tapi di seluruh media di Indonesia. Dan yang paling kena adalah media yang sifatnya reguler seperti mingguan dan bulanan, dalam hal ini tabloid dan majalah,” tutur Rusdi Amral, Direktur Hubungan Masyarakat (Humas) KG Group.

Kondisi pasar yang mengarah kepada digital saat informasi diperoleh secara gratis, oplah tabloid yang mengalami penurunan, serta disrupsi digital, membuat manajemen KG berbenah dan melakukan transformasi bisnis.

Model bisnis berbau digital memang dipilih KG Group, pasca memangkas berbagai produk edisi cetak. Berhentinya cetakan Tabloid Bola bukan kali pertama dilakukan perusahaan yang didirikan oleh wartawan senior Jacob Oetama ini.

Pada Oktober 2014, KG Group memutuskan tak lagi mencetak tabloid sepakbola Soccer, lantaran kondisi bisnis yang sulit. Bulan yang sama tahun berikutnya, edisi harian Bola tak lagi terbit. Usianya baru 2 tahun lebih 4 bulan kala itu.

Kemudian, Januari 2016 merupakan edisi terakhir Girls, setelah 11 tahun melayani pembaca. Menyusul berikutnya pada Desember 2016 ada Tabloid Sinyal, Majalah Kawanku, dan juga CHIP, yang berhenti beredar. Semuanya beralih ke online.

Selain itu, Tabloid Chip, Foto Video, What Hifi, Auto Expert, dan Motor, juga terbit untuk terakhir kalinya pada Desember 2016. Majalah anak muda Hai, yang terbit pertama kali pada 1977, harus berhenti cetak pada Juni 2017. Setelah menemani pembaca selama 40 tahun lamanya, Hai kemudian bersalin ke dunia digital melalui hai.grid.id

Konsekuensi dari transformasi model dan lanskap bisnis adalah mengerucutnya kebutuhan sumber daya manusia. Pemutusan hubungan kerja (PHK) membayang di depan mata.

Meski begitu, Rusdi memastikan bahwa hal tersebut menjadi pilihan terakhir perusahaan. Ia bilang, setelah media konvensional dinyatakan ditutup, hak-hak seluruh karyawan memang dilepaskan. Selanjutnya, mantan karyawan diberi kesempatan untuk bekerja ulang, dengan cara melamar pekerjaan di unit-unit bisnis yang tersedia di KG Group.

“Tergantung passion masing-masing, mau mencoba di unit bisnis yang mana. Kesempatan sama besar diberikan kepada seluruh teman-teman dari Tabloid Bola untuk melamar di unit-unit bisnis KG Group yang lain,” kata Rusdi.

Kalaupun skenario terburuk berupa PHK harus dijalankan, manajemen perusahaan memberikan pesangon dua kali lebih besar dibanding ketetapan pemerintah.

Besaran itu, kata Rusdi, telah menjadi kebijakan perusahaan, saat salah satu anak usahanya ditutup. Besaran upah tersebut diharapkan dapat menjadi bekal yang cukup besar bagi pekerja Tabloid Bola yang terkena PHK.

Related

Indonesia 6675090916729699908

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item