Fatwa MUI: Jenazah yang Meninggal karena Corona Boleh Tak Dimandikan, Bila Berbahaya

Fatwa MUI: Jenazah yang Meninggal karena Corona Boleh Tak Dimandikan, Bila Berbahaya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Majelis Ulama Indonesia (MUI) kembali menerbitkan fatwa berisi pedoman pengurusan jenazah muslim yang positif terinfeksi virus corona atau Covid-19

Salah satu poin fatwa MUI adalah memperbolehkan untuk tidak memandikan atau menayamumkan (menggunakan debu) jenazah pasien muslim positif virus corona, bila dalam keadaan membahayakan petugas atas pertimbangan ahli.

"Jika menurut pendapat ahli yang terpercaya bahwa memandikan atau menayamumkan tidak mungkin dilakukan karena membahayakan petugas, maka berdasarkan ketentuan dlarurat syar'iyyah, jenazah tidak dimandikan atau di-tayamumkan," bunyi salah satu poin fatwa tersebut.

Fatwa MUI Nomor 18 Tahun 2020 itu merupakan permintaan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menggelar konferensi pers di Kantor BNPB, Jakarta.

Fatwa itu juga mengatur jenazah pasien positif Covid-19 dapat dimandikan secara tayamum tanpa menggunakan air sesuai syariat Islam, sesuai pertimbangan ahli yang terpercaya. Mekanismenya dengan cara mengusap wajah dan kedua tangan jenazah, minimal sampai pergelangan, dengan debu.

"Untuk kepentingan perlindungan diri pada saat mengusap, petugas tetap menggunakan APD," isi fatwa tersebut.

Selain itu, fatwa MUI mengatakan, pengurusan jenazah yang terpapar virus corona harus dilakukan sesuai protokol medis, harus dilakukan oleh pihak yang berwenang, dengan tetap memperhatikan ketentuan syariat.

Fatwa juga menjelaskan bahwa umat Islam yang wafat karena wabah virus corona dalam pandangan syara' termasuk kategori syahid akhirat. Hak-hak jenazahnya wajib dipenuhi, yakni melalui tahapan dimandikan, dikafani, disalati, dan dikuburkan, yang pelaksanaannya wajib menjaga keselamatan petugas dengan mematuhi ketentuan-ketentuan protokol medis.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

News 7060149744292798425

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item