Gara-gara Wabah Corona, Hubungan Amerika dengan China Memanas

Gara-gara Wabah Corona, Hubungan Amerika dengan China Memanas, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengeluarkan pernyataan yang membuat suhu politik dunia memanas terkait mewabahnya Virus Corona atau COVID-19.

Trump kembali mengucapkan kalimat bernada rasis tentang Virus Corona, dengan mengganti kata COVID-19 dengan Chinese Virus atau Virus China.

Kalimat rasis Trump ditulisnya dalam serangkaian kicauan di akun resminya di Twitter, Minggu lalu. Berikut terjemahannya:

"Untuk orang-orang yang sekarang kehilangan pekerjaan karena kebijakan penahanan yang penting dan perlu, misalnya penutupan hotel, bar dan restoran, uang akan segera datang kepada Anda. Serangan Virus Cina bukan salahmu! Akan lebih kuat dari sebelumnya!

Saya benar-benar akan melindungi Medicare & Jaminan Sosial Anda!

Saya akan mengadakan konferensi pers hari ini untuk membahas berita yang sangat penting dari FDA mengenai Virus China!

Saya selalu memperlakukan Virus China dengan sangat serius, dan telah melakukan pekerjaan yang sangat baik sejak awal, termasuk keputusan saya yang sangat awal untuk menutup ‘perbatasan’ dari China - melawan keinginan hampir semua orang. Banyak nyawa diselamatkan. Narasi Berita Palsu itu memalukan & salah!" 

Berikut teks aslinya dalam bahasa Inggris:

I always treated the Chinese Virus very seriously, and have done a very good job from the beginning, including my very early decision to close the “borders” from China - against the wishes of almost all. Many lives were saved. The Fake News new narrative is disgraceful & false!

Kalimat Chinese Virus versi Trump mengundang reaksi keras, akun Trump pun dibanjiri kritikan pedas dari berbagai pihak. Apalagi Badan Kesehatan Dunia atau WHO sudah mengingatkan tak boleh ada yang memojokkan satu negara atas wabah corona. Bahkan WHO menetapkan nama COVID-19 untuk mengganti kalimat Wuhan Corona Virus.

Trump meradang, marah dan menulis kalimat rasis itu, karena kecewa dengan pemberitaan media-media China dan AS terkait corona.

Sebelumnya, Trump juga telah menulis kalimat yang sama di akun Twitter-nya, dia menulis bahwa ekonomi negaranya terganggu akibat Chinese Virus.

"Amerika Serikat akan sangat mendukung industri-industri tersebut, seperti Airlines dan lainnya, yang secara khusus dipengaruhi oleh Virus China. Kita akan lebih kuat dari sebelumnya!" tulis Trump.

Tulisan Trump langsung disambut reaksi keras dari Pemerintah China. Mereka menerbitkan protes membela diri, melalui Juru Bicara dan Wakil Direktur Jenderal, Departemen Informasi, Kementerian Luar Negeri, Zhao Jilian.

"Tindakan yang kami ambil adalah RESIPROCAL dan untuk membela diri. Mereka menanggapi penindasan AS yang tidak beralasan terhadap agen-agen media Tiongkok. Kami mendesak pihak AS untuk segera mengubah arah, membatalkan kerusakan, dan menghentikan perilaku intimidasi," tulis Zhao.

Berikut lampiran pembelaan diri Pemerintah China atas pernyataan Trump:

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah AS telah menempatkan pembatasan yang tidak beralasan pada agen dan personel media Tiongkok di AS, dengan sengaja mempersulit tugas pelaporan normal mereka, dan menjadikan mereka mengalami diskriminasi dan penindasan yang bermotivasi politik. 

Misalnya, pada bulan Desember 2018, AS memerintahkan organisasi media Cina tertentu di AS untuk mendaftar sebagai ‘agen asing’; pada bulan Februari 2020, ia menunjuk lima entitas media China di AS sebagai ‘misi asing’ dan memberlakukan batasan pada jumlah karyawan mereka, yang pada dasarnya mengusir wartawan Cina dari AS. 

Perlakuan keterlaluan seperti itu mendorong perwakilan kuat dari Cina, di mana Cina dengan tegas menentang dan sangat mengutuk langkah AS, dan menekankan haknya yang dilindungi untuk merespons dan mengambil tindakan.

China dengan ini mengumumkan langkah-langkah berikut, segera berlaku:

Pertama, sebagai tanggapan terhadap penunjukan AS dari lima agensi media Tiongkok sebagai ‘misi asing’, Cina menuntut, dalam semangat timbal balik, bahwa cabang-cabang Voice of America yang berpusat di China, New York Times, Wall Street Journal, Washington Post dan Time, menyatakan dalam bentuk informasi tertulis tentang staf mereka, keuangan, operasi, dan real estat di Cina.

Kedua, sebagai tanggapan terhadap AS memangkas ukuran staf outlet media Cina di AS, yang merupakan pengusiran dalam semua kecuali nama, Cina menuntut agar wartawan kewarganegaraan AS bekerja dengan New York Times, Wall Street Journal dan Washington Post, yang kredensial pers akan berakhir sebelum akhir 2020, memberitahukan Departemen Informasi Kementerian Luar Negeri dalam empat hari kalender mulai dari hari ini, dan menyerahkan kembali kartu pers mereka dalam sepuluh hari kalender. 

Mereka tidak akan diizinkan untuk terus bekerja sebagai jurnalis di Republik Rakyat Tiongkok, termasuk Wilayah Administratif Khusus Makau dan Hong Kong.

Ketiga, sebagai tanggapan atas pembatasan diskriminatif yang telah diberlakukan AS terhadap jurnalis China sehubungan dengan visa, tinjauan administrasi dan pelaporan, Cina akan mengambil langkah-langkah balasan terhadap jurnalis Amerika.

Langkah-langkah yang disebutkan di atas sepenuhnya diperlukan, dan tindakan balasan timbal balik yang terpaksa dilakukan Tiongkok sebagai tanggapan atas penindasan yang tidak masuk akal yang dialami oleh organisasi media Cina di AS.

Mereka sah dan dibenarkan membela diri dalam segala hal. Apa yang telah dilakukan AS secara khusus menargetkan organisasi media Tiongkok, dan karenanya didorong oleh mentalitas Perang Dingin dan bias ideologis. Ini secara serius merusak reputasi dan citra organisasi media Tiongkok, secara serius mempengaruhi operasi normal mereka di AS, dan secara serius mengganggu pertukaran orang-ke-orang dan pertukaran budaya antara kedua negara.

Karena itu telah mengungkap kemunafikan advokat kebebasan pers. China mendesak AS untuk segera mengubah arah, membatalkan kerusakan, dan menghentikan penindasan politiknya serta pembatasan sewenang-wenang terhadap organisasi media Tiongkok. Jika AS memilih untuk melangkah lebih jauh ke jalan yang salah, itu bisa mendatangkan lebih banyak tindakan balasan dari Cina.

Kebijakan pembukaan dasar negara Tiongkok tidak berubah dan tidak akan berubah. Organisasi media asing dan jurnalis yang meliput berita sesuai dengan hukum dan peraturan selalu diterima di Tiongkok, dan akan terus mendapatkan bantuan dari pihak kami. 

Yang kami tolak adalah bias ideologis terhadap China, berita palsu yang dibuat atas nama kebebasan pers, dan pelanggaran etika dalam jurnalisme. Kami menyerukan outlet media asing dan jurnalis untuk memainkan peran positif dalam memajukan saling pengertian antara Cina dan seluruh dunia.

Related

News 1316604549315389418

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item