Ini 5 Hal Dasar yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Virus Corona

Ini 5 Hal Dasar yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Virus Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Indonesia telah mengumumkan kasus pasien Corona pertama. Pada Senin (2/3), Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa ada dua WNI yang positif terkena virus tersebut, dan kini tengah menjalani perawatan intensif.

Hal ini mungkin membuat kita khawatir, karena merasa virus tersebut sudah semakin dekat. Kita juga mungkin merasa semakin perlu menjaga kesehatan, supaya tidak terjangkit penyakit yang belum diketahui detail cara penularan maupun penyembuhannya tersebut.

Secara garis besar, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal tersebut. Alih-alih hanya menggunakan masker wajah—yang seharusnya digunakan oleh orang sakit, bukan orang yang sehat—kita bisa membekali diri dengan menjaga sanitasi, dan menghindari bepergian ke tempat yang diketahui terjangkit virus Corona.

Selain itu, kita juga harus memperkuat daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan sehat, tidur cukup, dan mengonsumsi vitamin untuk membantu menjaga kekebalan tubuh.

Di samping berbagai hal dasar tersebut, ada berbagai hal yang dapat kita lakukan untuk menghindari terjangkit virus Corona.

Seringlah mencuci tangan

Menurut Harvard Health, saat ini sebenarnya belum ada bukti bahwa virus Corona bisa menular lewat kain maupun karpet. Namun, ada kemungkinan virus COVID-19 bisa bertahan di permukaan barang-barang yang sering disentuh, seperti gagang pintu maupun permukaan ponsel.

Selain itu, virus juga bisa menempel di permukaan suatu benda, saat seseorang yang terjangkit batuk atau bersin dan memegang benda tersebut.

Oleh karena itu, kita sebaiknya berusaha menjaga sanitasi, terutama dengan sering mencuci tangan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC), lembaga kesehatan dari Amerika Serikat, menyarankan agar kita mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya 20 detik setelah keluar dari kamar mandi, sebelum makan, juga setelah batuk atau bersin.

Selain menggunakan sabun, kita juga bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol setidaknya 60 persen.

Rajin membersihkan peralatan

Seperti disebutkan pada poin pertama, ada kemungkinan virus Corona bisa menyebar lewat kontak pada permukaan barang. Jadi, tak ada salahnya untuk rutin membersihkan barang yang ada, terutama peralatan yang sering digunakan.

Misalnya, dengan menggunakan alkohol untuk membersihkan layar ponsel ataupun permukaan laptop yang sering digunakan.

Hindari terlalu banyak menyentuh wajah, hidung, maupun mulut

Seperti ditulis Forbes, menghindari menyentuh wajah juga penting dilakukan karena virus pernapasan, termasuk COVID-19 dan virus flu, bisa menempel pada tangan dan mengganggu kesehatan.

Sementara, sebagian dari kita memiliki kebiasaan untuk mengucek mata, memegang hidung, maupun menyentuh mulut. Jika kita melakukannya tanpa membersihkan tangan terlebih dulu, ini akan meningkatkan risiko terpapar virus.

Jauhi orang yang sedang sakit

Tanpa bermaksud bersikap tidak sopan, ada baiknya kita menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit. Sebab, orang-orang ini bisa menularkan virus lewat batuk atau bersin. Sehingga, lebih baik menghindari mereka untuk berjaga-jaga.

Sementara, bila Anda sedang sakit, usahakan untuk tidak menulari orang lain. Bila ingin bersin dan batuk, tutuplah wajah menggunakan bagian dalam siku, supaya tidak menempel di tangan dan menyebar ke permukaan lain yang sering disentuh.

Hindari bepergian ke daerah yang sedang terjangkit Corona

Di saat seperti ini, hindarilah bepergian ke daerah-daerah yang diketahui sudah terjangkit virus Corona. Daripada tertular penyakit atau terjebak dalam situasi yang tak diinginkan, ada baiknya kita menunda perjalanan, dan beraktivitas di tempat yang aman terlebih dahulu.

"Pikirkanlah mengenai kemungkinan terjebak di dalam kapal atau di perbatasan, jika Anda memutuskan untuk bepergian," ungkap Christopher Mores, profesor di bidang Global Health dari The George Washington University, seperti dikutip NPR.

Related

Tips 390245056720138045

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item