Kisah dan Curahan Hati Perawat yang Menangani Pasien Corona di Indonesia

Kisah dan Curahan Hati Perawat yang Menangani Pasien Corona di Indonesia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Wita Tamala menyeka keringat di dahinya. Hari itu udara di Jakarta memang cukup gerah, dan ia wajib mengenakan 'baju astronaut' demi merawat pasien isolasi virus corona COVID-19 di Rumah sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan.

Diajak berbincang di tengah kesibukannya, Wita mengaku sempat gentar dan cemas saat ditunjuk pihak rumah sakit sebagai salah satu perawat pasien dengan corona.

Namun seiring berjalannya waktu, ia meneguhkan hati dan memasrahkan dirinya kepada Tuhan YME.

"Pertama-tama sih takut, tapi berjalannya waktu sekarang sudah enggak," kata Wita di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur. "Jadi semua itu kita lakukan dengan rasa senang dan tenang."

Keluarga Wita juga sempat cemas, apalagi setelah mengetahui kalau virus itu sudah memakan korban meninggal dunia di Indonesia.

Kini ada yang berbeda setiap Wita berangkat dan pulang kerja, karena keluarganya pasti selalu bertanya tentang kondisinya.

"Keluarga sih enggak apa-apa, yang penting jaga kesehatan, terus makanan yang bergizi, terus minum vitamin, banyak minum air putih," tuturnya.

Wita menyebut, dalam sehari harus bersabar diri, empat jam menahan panas, saat mengenakan jubah Alat Pelindung Diri (APD). Walau kini dirinya sudah tidak lagi parno (paranoid) dengan corona, ia harus membiasakan mandi berkali-kali dalam sehari.

"Saya masuknya sekitar dari jam 11.00, jam 13.00 sudah masuk ke ruang isolasi," ucapnya. "Panas sekali 'baju astronot', keluar dari ruang isolasi, baju saya basah semua, seperti mandi keringat."

Wita mengaku, salah satu yang membuatnya tetap semangat bekerja dan menyenangkan hatinya di kala penat adalah kedekatannya dengan para pasien.

Ia sadar betul, kondisi psikologi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun pasien positif corona tidak terlalu baik. Saat pertama kali datang, mereka pasti bingung dan sedih.

Padahal tidak semua kasus corona langsung berujung wafat, dan dengan perawatan yang baik - walau belum ada vaksinnya - kondisi tubuh bakal ikut membaik.

Salah satu pasien berkisah mengenai perjalanannya ke luar negeri. Wita mengaku senang mendengar cerita semacam itu, seakan-akan ia ikut ke luar negeri.

"Memang kita suka curhat berdua sama pasien di ruangan, jadi lebih dekat gitu," terangnya sembari tertawa kecil.

Tak hanya menjadi pendengar yang baik, Wita juga setiap harinya sibuk menangani pasien yang membutuhkan perawatan total, seperti menyuapi dan mengurusi kebersihan badannya.

Kini terhitung ada empat pasien yang membutuhkan perlakuan perawatan total (total care) di RSUP Persahabatan.

"Yang total care itu kita selalu nyuapin, yang mandiri itu enggak," terangnya.

Karena tenaganya sangat dibutuhkan, Wita mengaku tetap masuk meski sedang tidak enak badan. Namun ia akan mengecek keadaannya terlebih dahulu. Jika masih flu ringan, ia akan mengenakan masker, jika sudah demam ia memilih izin.

"Dulu flu ringan, ya saya tetap merawat pasien. Cuma saya akan lebih memakai masker terlebih dahulu, biar enggak tertular dari saya ke teman, atau dari saya ke pasien," ungkap Wita.

Prosedur kebersihan bagi perawat seperti Wita tentu saja ekstra dibandingkan pasien atau pengunjung rumah sakit.

Mencuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer sangat wajib. Masker yang digunakan juga ikut diganti setiap hari. Pakaian bertugas sudah pasti harus tetap bersih setiap jam.

RSUP Persahabatan juga menjanjikan akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para tim medis yang menangani pasien terkait COVID-19.

Di penghujung obrolan, sembari tersenyum ia menegaskan kembali seluruh upaya yang dilakukannya demi tugas kemanusiaan yang harus ia jalani sesuai janji profesinya.

"Saya dan teman-teman semua tentu saja merasa cemas, tapi kembali lagi, kita kan seorang perawat yang merawat pasien," tutupnya.

Related

News 7774326258358693370

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item