Tips Menjaga Kekebalan Tubuh agar Tak Mudah Terserang Penyakit

Tips Menjaga Kekebalan Tubuh agar Tak Mudah Terserang Penyakit, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Musim pancaroba identik dengan merebaknya berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. Cuaca pun jadi tak menentu. Kadang panas terik, namun di lain hari bisa berubah jadi hujan lebat seharian. Ditambah angin kencang juga kerap datang mengiringi musim pancaroba.

Hal ini membuat daya tahan tubuh rentan melemah. Alhasil, flu, masalah pencernaan, dan infeksi saluran pernapasan, dan berbagai virus penyakit yang muncul saat musim pancaroba, pun lebih mudah menginfeksi tubuh. 

Namun tidak perlu terlalu khawatir, sebab stamina yang prima bisa menjadi kunci agar tubuh terjaga dari ancaman virus dan kuman penyakit. Caranya adalah dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Berikut ini lima tips untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap prima di tengah musim pancaroba.

Santap makanan bergizi

Daya tahan tubuh yang kuat bisa dibangun dengan membiasakan diri menyantap makanan bergizi. Bukan tanpa alasan, asupan makanan dengan nutrisi yang bervariasi dapat menjaga organ tubuh berjalan normal, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

Saat musim pancaroba, sebaiknya perbanyak asupan makanan yang kaya vitamin dan antioksidan, untuk mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Selain itu, santap juga makanan kaya lemak esensial seperti ikan, alpukat, dan biji-bijian, untuk memaksimalkan metabolisme tubuh.

Olahraga teratur

Olahraga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah sakit saat cuaca kurang bersahabat. Dilansir Verywell Health, rutin berolahraga dapat membantu membentengi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, hingga menurunkan risiko kanker.

Tak harus melakukan olahraga yang berat di tempat gym, Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk melakukan olahraga ringan di lingkungan rumah. Seperti bersepeda santai, jogging, berenang, atau yoga.

Minum air putih

Selain meredakan rasa haus, air putih juga punya segudang manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Kebutuhan cairan yang tercukupi setiap hari akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sekaligus membuat sistem kerja organ tubuh berjalan lebih maksimal.

Penuhi asupan air putih sesuai dengan kebutuhan, yakni sekitar 1.200 liter per hari. Sebaiknya Anda juga mengurangi minuman berpemanis tinggi, kopi yang tinggi kafein, dan minuman bersoda yang tinggi perisa buatan.

Jaga kebersihan lingkungan 

Makan bergizi, olahraga teratur, dan rutin minum air putih, juga harus diimbangi dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sebab, lingkungan yang kotor merupakan sumber kuman yang bisa menyebabkan Anda dan keluarga rentan terkena penyakit.

Rutin bersihkan lingkungan rumah dengan cairan pembersih, terutama di ruang tamu, kamar, dapur, dan kamar mandi. Selain itu, jangan biarkan ada sampah yang menumpuk dan genangan air, karena bisa menjadi tempat favorit bagi kuman untuk berkembang biak.

Sediakan perlengkapan kesehatan pribadi

Di musim pancaroba yang rentan dengan serangan penyakit, Anda juga perlu siap siaga dengan menyediakan segala perlengkapan kesehatan pribadi. Mulai dari masker, obat antiseptik, hingga vitamin dan obat-obatan.

Related

Tips 8749469030653907589

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item