Pandangan Islam Terkait Orang Meninggal yang Memakai Gigi Emas

Pandangan Islam Terkait Orang Meninggal yang Memakai Gigi Emas, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Di antara sunnah Rasulullah saw bagi umatnya adalah selalu tampil rapi. Karena hal itu sangat penting bagi pencitraan seorang muslim khususnya, dan Islam pada umunya. Karena itulah ada hadits tentang kebersihan sebagian iman, tentang keutamaan muslim yang kuat daripada muslim yang lemah. Itu semua merupakan motivasi untuk menunjukkan performa terbaik umat Muhammad saw.

Entah terdorong oleh motivasi tersebut atau hanya karena gengsi, orang kadang ogah terlihat tua. Banyak usaha dilakukan hanya agar terlihat muda kembali. Di antaranya dengan menambal atau mengganti gigi yang telah tanggal dengan gigi palsu. Bahkan, agar terlihat lebih muda dari yang benar-benar muda, gigi palsu tersebut terbuat dari bahan emas atau perak.

Selama masih hidup, hal itu bukan masalah, bahkan sering mengundang decak kagum sesama manusia, tetapi bagaimana jika dia mati? Apakah gigi emas itu boleh diwaris? Ataukah tetap dipakai?

Pada dasarnya, seorang mayit boleh memakai sesuatu yang tidak dilarang memakainya semasa ia hidup. Karena seorang lelaki maupun perempuan diperbolehkan memakai gigi palsu yang terbuat dari emas sebagai penambal semasa hidup, maka dibolehkan pula memakainya setelah mati.

Akan tetapi, jika gigi palsu itu mudah dilepas, maka lebih baik jika dicopot saja. Sebaliknya, jika sulit dilepas, bahkan dikhawatirkan akan menyakiti mayit jika dipaksa, maka haram dilepas. Hal ini dianalogikan dengan keterangan tentang bolehnya menggunakan kafan sutera bagi mayit perempuan dan anak-anak dalam Hasyiatul Bajuri.

“Boleh mengkafankan perempuan dan anak-anak dengan sutera, atau dengan kebanyakan sutera yang disepuh dengan za’faran, karena tidak ada larangan memakainya di kala hidup. Lain halnya dengan laki-laki yang telah dewasa, maka tidak boleh, karena larangan memakainya di waktu hidupnya.”

Related

Moslem World 2457300138834672567

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item