WHO: Jangan Ada Negara yang Merasa Bebas dari Ancaman Virus Corona

WHO: Jangan Ada Negara yang Merasa Bebas dari Ancaman Virus Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengingatkan agar negara-negara harus bersiap menghadapi virus corona (COVID-19). Ia menyebut, jangan ada negara yang terlalu percaya diri bisa bebas dari ancaman virus.

"Jangan ada negara yang beranggapan tidak akan mendapatkan kasus. Ini bisa menjadi kesalahan yang fatal," kata Tedros dalam temu media, seperti dikutip dari Reuters.

"Virus ini tidak menghormati batas antarnegara, tidak membedakan ras atau etnis, dan tidak memedulikan tingkat pendapatan atau perkembangan suatu negara," lanjutnya.

Tedros lebih jauh menyebut ledakan kasus di Iran, Italia, dan Korea Selatan, menunjukkan kemampuan penyebaran virus. Negara-negara yang belum atau baru melaporkan kasus diimbau agar bergerak cepat dan agresif untuk mencegah hal serupa.

"Semua negara harus siap untuk kasus pertama, kluster penyebaran pertama, dan bukti pertama penyebaran di antara komunitas. Harus ada langkah untuk semua skenario tersebut," kata Tedros.

Indonesia hingga kini belum melaporkan kasus virus corona. Kementerian Kesehatan RI membantah tegas tuduhan miring pemerintah sengaja menyembunyikan kasus.

Sejauh ini, dunia melaporkan sudah ada lebih dari 83 ribu kasus virus corona yang terkonfirmasi, dan sekitar 2.800 di antaranya meninggal dunia. Menurut WHO, jumlah kasus baru belakangan lebih banyak datang dari luar China.

Related

World's Fact 4567173159634175741

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item