Beruang Kutub Terancam Punah, Masa Depan Bumi Makin Mengerikan

 Beruang Kutub Terancam Punah, Masa Depan Bumi Makin Mengerikan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Beruang kutub disebut-sebut jadi makhluk yang akan punah karena efek perubahan iklim. Habitat hidup mereka di laut Arktik mulai mencair. Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) mengatakan, hewan itu tengah berjuang di tengah es yang terus menipis.

Dikutip dari laman Metro, perubahan iklim ternyata juga menyebabkan masalah besar pada urusan vital mereka. Di antaranya anjing laut yang jadi makanan mereka, serta berhubungan seks dan memelihara anak.

Pasalnya, mereka menggunakan es untuk melakukan perjalanan jauh dalam perburuan anjing laut. Para beruang kutub makan dengan membasmi sarangnya, kemudian memakan anak dan ibu anjing laut. Mereka juga mengintai dari celah-celah untuk kemudian menerkam mangsa.

Konsentrasi es laut, menurut NASA, telah menurun 13 persen sejak 1979, karena meningkatnya suhu global. Daerah arktik telah memanas dua kali lipat lebih cepat dibanding bagian dunia lainnya.

Di awal musim panas, suhu udara di sejumlah daerah di Australia telah mencapai titik tertinggi, dengan rata-rata mencapai 40 derajat Celsius.

Perubahan iklim seperti kebakaran semak, seperti di Australia, menyebabkan para ilmuwan dunia mengatakan adanya krisis peruibahan iklim saat ini.

"Kita tahu bahwa dataran es di laut yang merupakan habitat beruang kutub berkurang dengan sangat cepat. Ketika tidak ada es di laut, mereka akhirnya pindah ke darat yang bisa menyebabkan mereka minim akses mendapat makanan. Penelitian kami melihat bagaimana perubahan ini memengaruhi kondisi dan reproduksi," ujar ahli ekologi Arktik, Kristin Laidre.

Ia memimpin penelitian dan menemukan beruang kutub lebih banyak menghabiskan waktu di darat dan berpuasa dalam tempo yang lama. Anak beruang juga memiliki proporsi tubuh yang lebih kecil daripada umumnya.

"Mereka adalah ikon perubahan iklim. Juga indikator awal perubahan iklim karena sangat bergantung pada es laut," jelasnya.

Beruang kutub jadi pertanda masa depan kita. Perubahan yang didokumentasikan selama penelitian akan memengaruhi semua orang di seluruh dunia. Manusia akan mencapai 'point of no return', sehingga tidak ada lagi yang bisa menyelamatkan planet ini.

Related

Science 5197623388594537044

Recent

item