WNI di Taiwan Terjangkit Virus Corona, tapi Malah Asyik Main TikTok

WNI di Taiwan Terjangkit Virus Corona, tapi Malah Asyik Main TikTok, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Seorang WNI (30) di Taiwan, yang berprofesi sebagai pengasuh (caregiver), terjangkit virus corona. Perempuan itu tertular dari pria lanjut usia yang ia asuh selama di RS New Taipei.

Mengutip TaiwanNews, dia merawat pria itu mulai tanggal 11 hingga 16 Februari. WNI tersebut didiagnosis corona 14 hari setelahnya, atau 26 Februari.

Perempuan itu kini diisolasi di sebuah rumah sakit. Alih-alih menyembunyikan identitas selayaknya pasien corona, pasien ke-27 ini malah sempat bermain TikTok dan live streaming di akun Facebook.

Di halaman Facebook-nya, perempuan ini mengunggah pesan, "Mbak nya santuuyyy pdhl + kena virus CORONA". Selama streaming berlangsung, dia bernyanyi dubbing, menunjukkan jarum infus di tangannya, dan memperlihatkan resep obat yang diberikan rumah sakit.

Otoritas kesehatan Taiwan menyensor unggahan perempuan ini, dan tidak mengungkapkan nama rumah sakit yang merawat pasien virus corona. Ini untuk menghindari kepanikan di luar rumah sakit.

Pasien langsung ditegur dan dilaporkan ke agen terkait. Otoritas kesehatan bisa saja memutuskan untuk menghukum tindakan ceroboh WNI tersebut di bawah hukum Taiwan.

Pusat Komando Epidemi Sentral (CECC) mencatat WNI itu bepergian dengan kereta api dan bus (Rute 38) antara distrik Shulin dan Banciao New Taipei beberapa kali, dari 16 hingga 19 Februari. Pada 18 Februari, dia bertemu dengan seorang teman yang berkunjung dari Kaohsiung.

Ia bahkan sempat pindah ke rumah sakit lain untuk melayani sebagai pengasuh. Tanpa disadari, ia telah menularkan virus ke orang lain. Polisi menemukannya di rumah sakit pada 24 Februari, dan segera dikirim ke karantina untuk diuji kesehatan. Dua hari kemudian, dia didiagnosis COVID-19 dan langsung diisolasi.

Kasus WNI yang terjangkit virus corona di Taiwan sudah dikonfirmasi sebelumnya oleh Kemlu RI. Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu, Judha Nugraha, tak mengungkap identitas lengkap WNI itu. Namun, WNI tersebut bekerja ilegal di Taiwan.

"KDEI (Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia) Taipei telah menerima informasi dari otoritas Taiwan bahwa terdapat 1 orang Pekerja Migran Indonesia/PMI, Pasien No. 32, yang terkonfirmasi positif kasus COVID-19 di Taipei," ucap Judha Nugraha, dalam keterangan tertulis.

"Pekerja migran tersebut berstatus undocumented dan bekerja merawat orang tua. Saat ini dirawat di ruang isolasi di RS di Taipei dan kondisinya stabil," sambung Judha.

Walau WNI itu tak berdokumen, Judha memastikan pemerintah tidak akan lepas tangan.

"KDEI Taipei telah berkoordinasi dengan otoritas kesehatan Taiwan untuk memastikan yang bersangkutan ditangani sebaik mungkin, dan akan terus memantau secara dekat kondisi WNI tersebut," jelasnya.

Related

News 2188744772696964038

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item