Ada 1,3 Juta Orang Ngebet Mudik, Daerah Ini Terancam Corona Covid-19

Ada 1,3 Juta Orang Ngebet Mudik, Daerah Ini Terancam Corona Covid-19,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sejumlah daerah terancam jadi episenter baru penyebaran virus corona (Covid-19). Ancaman tersebut kini di depan mata, jika arus mudik pada Lebaran 2020 tak terbendung.

Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Agus Taufik Mulyono, menjelaskan bahwa hal ini bisa dilihat dari asal dan tujuan mudik. Khusus untuk calon pemudik dari Jabodetabek, dia mengatakan ada beberapa daerah tujuan dengan porsi terbesar.

Calon pemudik asal Jabodetabek, diprediksi 13% akan mudik ke Jawa Barat (Jabar), 41% ke Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), serta 20% ke Jawa Timur (Jatim). Adapun yang ke luar Jawa, ia menyebut setidaknya 8% calon pemudik bakal ke Sumatera, meliputi Lampung dan Sumatera Selatan.

"Inilah daerah pusat wabah baru, kalau misalkan mudik ini tidak ditangani pemerintah atau kita semua ikut menangani," kata Agus Taufik Mulyono dalam konferensi pers yang berlangsung virtual.

Berdasarkan hasil polling Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dia mengutip bahwa jumlah masyarakat yang belum memutuskan untuk mudik atau tidak, saat ini masih relatif besar. Angkanya mencapai 1,3 juta orang.

Di luar itu, bahkan sekitar 900.000 warga Jabodetabek sudah melakukan mudik lebih awal. Sisanya, yang masih berada di Jakarta, menjadi 2,6 juta calon pemudik. Dari jumlah itu, sebagian memang terikat aturan dan dimungkinkan tidak akan mudik.

"Dengan adanya inpres bahwa TNI polri BUMN maupun BUMD, PNS/ASN, dan semuanya yang jadi aparatur negara yang terikat dengan aturan itu dilarang mudik. Dari data jumlahnya separuh dari 2,6 juta. Saat ini ada 1,3 juta masih berpotensi ingin mudik, atau belum memutuskan," bebernya.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 6389719576168896981

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item