Perlu Tahu, Jokowi Luncurkan Aplikasi Baru untuk Perangi Wabah Corona

Perlu Tahu, Jokowi Luncurkan Aplikasi Baru untuk Perangi Wabah Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Pemerintah secara resmi meluncurkan sebuah aplikasi yang berguna untuk memfasilitasi lingkungan masyarakat akan kebutuhan informasi tentang virus corona, serta memudahkan pemerintah untuk memetakan daerah mana yang terinfeksi Covid-19.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. Aplikasi ini bernama 10 Rumah Aman, yang berfungsi membantu aplikasi PeduliLindungi yang sebelumnya telah dirilis.

"Diharapkan, aplikasi 10 rumah aman bisa menjadi supporting aplikasi PeduliLindungi. Bisa mengukur suhu tubuh dalam satu lingkungan, maka yang tentunya diperlukan alat tambahan," ujar Moeldoko.

Menurutnya, dengan aplikasi 10 Rumah Aman, masyarakat dalam satu lingkungan tertentu dapat memonitoring sesama dengan mengecek suhu tubuh lewat bantuan alat, sehingga informasi tersebut bisa dibaca oleh orang di lingkungan itu.

Moeldoko juga menjelaskan, aplikasi ini menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI menghubungkan data berbasis peta dan lingkungan sekitar melalui perangkat telepon seluler, dan terhubung dengan platform media sosial.

Selain itu, di dalam aplikasi ini juga terdapat layanan untuk masyarakat dapat berbelanja kebutuhan sehari-hari, dengan bantuan dari platform pendukung.

"Aplikasi ini dapat menyediakan layanan menjual kebutuhan sehari-hari, misalnya tanihub, lalu konsultasi kesehatan dari pria, perlengkapan kesehatan dari kimia farma, alfa group, serta donasi masyarakat di berbagai yayasan," jelasnya.

Di tempat terpisah, Menteri Kominfo, Johnny G. Plate, mengatakan, aplikasi ini juga ingin memastikan seluruh masyarakat tetap berada di dalam rumah: bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, saling mengingatkan dan menjaga agar selalu dalam keadaan sehat dan baik, dengan menjaga jarak aman.

"Ada pengukuran suhu berkala, berbagi masakan/makanan, inspirasi hidup sehat, periksa mandiri, dan update peta sebaran individu berdasarkan suhu tubuh normal atau di atas normal," tuturnya.

Untuk memudahkan akses masyarakat, aplikasi 10 Rumah Aman akan terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain, seperti ChatBot covid19.go.id, PeduliLindungi, Halodoc, Alodokter, Good Doctor, Sahabatdokter, SehatQ, Sehatpedia, dan KlikDokter.

"Aplikasi 10 Rumah Aman merupakan kolaborasi perusahaan anak negeri dari beragam sektor, yaitu WIR Group, COMPRO, Prixa.ai, Disrupto, serta perusahaan komunikasi dan konten anak negeri, Kennedy Voice Berliner (KVB)," ujar Johnny.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

News 7668058710776994730

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item