Pemkot Medan Sediakan Pemakaman Khusus Jenazah Pasien Corona

Pemkot Medan Sediakan Pemakaman Khusus Jenazah Pasien Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang terjangkit virus corona, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menyiapkan kompleks pemakaman khusus bagi jenazah yang positif COVID-19.

"Ini menjadi masalah karena keterbatasan tempat kuburan umum. Kemudian hal-hal lain menjadi hambatan," kata Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi, kepada wartawan.

Menurut Edwin, Pemkot Medan akan memberikan pelayanan kepada pasien positif virus corona, sejak perawatan hingga krisis dan akhirnya meninggal dunia.

"Pemerintah Kota sudah menyiapkan tempat penguburan khusus, dengan tim penguburnya, dan sarana aktivitas penunjangnya," tutur Edwin.

Edwin tidak menerangkan lokasi kuburan dan berapa luasnya. Namun, Edwin berharap kuburan khusus yang disediakan akan mempermudah proses pemakaman, bila terjadi hambatan.

"Sehingga dengan ini kita harapkan terbantu, seandainya ada hal yang sampai krisis akhir meninggal," jelas Edwin.

Wacana pemakaman khusus jenazah corona muncul, setelah terjadi penolakan oleh warga Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan. Warga menolak pemakaman jenazah positif corona dikuburkan di daerah mereka.

Dari pantuan, spanduk dengan ukuran 2 x 5 meter terpasang di gapura masuk Kelurahan Simalingkar B, dan terpasang di sejumlah lokasi di Kelurahan tersebut. Berikut tulisan penolakan jenazah positif corona di spanduk tersebut.

"Kami warga Kelurahan Simalingkar B menolak keras korban COVID-19 yang meninggal dimakamkan di pemakaman Pemda Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan," tertulis di dalam spanduk tersebut.

Spanduk itu terpasang menuju Taman Pemakaman Umum (TPU) Kristen Simalingkar B. Spanduk digantung di simpang jalan tersebut. Warga menilai spanduk itu sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona di daerah mereka.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

News 1622663497685487506

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item