Dampak Wabah Corona, Pengangguran di Amerika Diprediksi Tembus 22 Juta Orang

Dampak Wabah Corona, Pengangguran di Amerika Diprediksi Tembus 22 Juta Orang, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kementerian Tenaga Kerja Amerika Serikat mengungkap data mingguan jumlah pengangguran di negara itu, hingga 4 April 2020 lebih dari 6 juta orang.

Beberapa ekonom memprediksi bakal ada tambahan 5,4 juta warga Amerika yang mengajukan permohonan bantuan untuk pengangguran, sehingga diperkirakan lebih dari 22 juta pengangguran di Amerika dalam tempo sebulan. 

Dikutip dari rt.com, saat ini di Amerika Serikat ada gelombang pengajuan klaim asuransi pengangguran. Undang-undang The Cares sudah diperluas, sehingga para wiraswasta dan kontraktor independen juga bisa mengajukan permohonan bantuan.

Sebagian besar para pengangguran itu adalah mereka yang bekerja di restoran dan gerai minuman.

“Ketika kami yakin besarnya kenaikan klaim (asuransi pengangguran) sudah melewati puncaknya, jumlah kumulatif masih meningkat, yang mungkin bisa mencapai 25 juta orang dalam beberapa pekan ke depan,” kata ekonom dari Morgan Stanley, Jan Kozak.

Akan tetapi, ada pula sejumlah ekonom yang memproyeksi jumlah orang yang mengklaim asuransi pengangguran mulai menurun dalam beberapa Minggu ke depan.     

Menurut Lewis Alexander, ekonom dari Nomura, ada sejumlah bukti di beberapa negara bagian di Amerika Serikat yang memberlakukan lockdown lebih cepat, terlihat jumlah orang mengklaim asuransi pengangguran mulai mengendor, seperti Pennsylvania, California, New York. Akan tetapi, ini masih diimbangi dengan negara bagian yang melakukan lockdown baru belakangan ini (Virginia dan Georgia).

Lebih dari 2 juta kasus virus corona terkonfirmasi di dunia, dan ada lebih dari 137 ribu kasus virus corona berakhir dengan kematian total dari seluruh dunia. Salah satu negara yang paling terpukul adalah Amerika Serikat, dengan 639 ribu orang terinfeksi virus corona dan lebih dari 30 ribu kematian.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan penyebaran COVID-19 di negaranya sudah melewati puncaknya.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 9126488782651376638

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item