Berapa Lama Virus Corona Covid-19 Bertahan Hidup? Ini Penjelasan Ilmuwan

Berapa Lama Virus Corona Covid-19 Bertahan Hidup? Ini Penjelasan Ilmuwan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Virus corona Covid-19 menjadi salah satu virus yang cepat menyebar ke orang lain, terlihat dari jumlah korban yang terus bertambah. Sebenarnya, berapa lama virus corona bertahan hidup?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), cara penyebaran virus corona terjadi melalui droplet atau tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus ini bersin atau batuk dan mengenai kita.

Bisa juga, tetesan itu kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan yang lalu disentuh, dan orang sehat tersebut menyentuh mata, hidung atau mulut mereka. Lantas, berapa lama virus corona bertahan hidup di permukaan atau benda?

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet menemukan bahwa virus corona dapat bertahan paling lama hingga tujuh hari pada masker bedah, stainless steel, dan plastik.

Dilansir dari Businnes Insider, para peneliti di balik studi baru tersebut menguji rentang hidup virus Covid-19 di ruangan dengan suhu mencapai 71 derajat Fahrenheit dengan kelembapan relatif 65%. Didapatkan hasil bahwa virus corona dapat bertahan lama sebagai berikut:

Tisu: 3 jam
Kayu dan kain: 2 hari
Kaca dan uang kertas: 4 hari
Stainless steel dan plastik: 7 hari

Yang mengejutkan, dari semua bahan yang mereka uji, para peneliti menemukan bahwa virus corona mampu bertahan paling lama di lapisan luar masker bedah. Pada hari ketujuh penyelidikan, virus itu masih ada di sisi luar masker.

Penelitian ini melanjutkan penelitian sebelumnya, yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, yang menyebutkan virus dapat hidup hingga empat jam pada tembaga, satu hari di kardus, dan hingga tiga hari pada plastik dan stainless steel. Itu diujicobakan pada ruangan 70 derajat Fahrenheit dengan kelembapan relatif 40%.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Science 471546015493723248

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item