Doni Monardo: Sangat Mungkin Kita Selamanya Akan Hidup dengan Corona

Doni Monardo: Sangat Mungkin Kita Selamanya Akan Hidup dengan Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ketua Gugus Tugas Percepatanan Penanganan COVID-19, Doni Monardo, menegaskan hingga kini belum ada satu pun lembaga yang berani mengatakan kapan akhir dari pandemi virus corona.

Doni mengingatkan, kini strategi 'the new normal' menjadi upaya yang harus dihadapi masyarakat bersama, setidaknya sampai vaksin corona ditemukan.

"Sejauh ini belum ada lembaga yang berani mengatakan kapan COVID akan berakhir. Termasuk belum ada kepastian kapan vaksin akan ditemukan, sehingga sangat mungkin kita akan selamanya hidup dengan COVID," kata Doni usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi secara virtual.

Doni lalu menyampaikan telah memberikan sejumlah masukan kepada pemerintah. Pertama, terkait pentingnya pra-kondisi. Lalu, soal daerah mana yang mulai bisa dibuka, dengan melihat data-data zona hijau, dengan tingkat penyebaran virus corona yang sudah kecil.

"Tentu yang memiliki kriteria (zona) hijau, dan kalau kita lihat ada yang tingkat kasusnya masih rendah. Tapi kajian secara data dan riset memiliki peran penting, sehingga mana yang dibuka tidak keliru," tuturnya.

Selain itu, ia mengingatkan pentingnya kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan ketat demi mencegah tertular virus corona. Doni menyebut pengurangan pembatasan di masing-masing daerah bergantung pada kedisiplinan masyarakatnya dalam menjalankan aturan protokol kesehatan ketat.

Selain itu, Doni memperkirakan juga akan dilakukan simulasi pengurangan pembatasan. Ia pun meminta masing-masing pemerintah daerah siap.

"Lokasi dan bidang apa yang akan dibuka, serta simulasi. Demikian juga tentang koordinasi pusat dan daerah, agar masing-masing pemda bisa siap. Kemudian tim monitoring dan evaluasi daerah mana yang dibuka dan bidang yang akan dibuka," jelas Doni.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 6608200814811639286

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item