Perjalanan Karier Heath Ledger, dari Film Drama Sampai Menjadi Joker (Bagian 1)

Perjalanan Karier Heath Ledger, dari Film Drama Sampai Menjadi Joker,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Salah satu hal yang menjadikan trilogi Batman garapan Christopher Nolan begitu istimewa adalah kemampuan Nolan dalam menempatkan karakter penjahat sebagai sumbu cerita. “Bagi saya, setiap film [Batman] adalah genre yang berbeda,” ujar Nolan. “Film-film Batman cenderung dibentuk oleh penjahat.”

Salah satu penjahat itu ialah Joker. Dan dalam konteks Joker versi Nolan, tidak bisa tidak, nama pertama yang diingat tiap membicarakan itu sudah pasti Heath Ledger.

Mengingat Heath Ledger

Dalam semesta Batman versi Nolan, karakter Joker muncul dalam The Dark Knight. Pemerannya, Heath Ledger, aktor brilian yang sebelumnya pernah bermain di film Brokeback Mountain (2005) garapan Ang Lee.

Ledger merupakan aktor kelahiran Perth, Australia, pada 4 April 1979. Keluarganya berasal dari golongan kelas menengah. Ayahnya bekerja sebagai insinyur pertambangan, sementara ibunya seorang guru.

Sejak kecil, catat Guardian, Ledger sudah tertarik dengan seni peran. Di usia 10 tahun, misalnya, ia memperoleh peran dalam produksi teater Peter Pan. Selain itu, Ledger kecil juga bermain di beberapa program televisi anak-anak dan film Clowning Around (1992).

Kesempatan Ledger di dunia akting kian terbuka lebar, kala ia remaja. Tercatat, ia membintangi serial Sweat (1996), Paws (1997), sampai Roar (1997-2000). Berbekal pencapaian tersebut, di usia yang baru 18 tahun, Ledger sudah terbang ke Los Angeles untuk peluang yang lebih besar di Hollywood.

“Ruangan itu dipenuhi orang-orang dengan jas,” tutur Ledger, masih mengutip laporan Guardian, tentang pengalaman pertamanya ikut casting di sebuah studio film di Hollywood. “Setelah aku beraksi, mereka berkumpul dan berbisik. Itu jelas bukan penampilan terbaikku. Tapi, aku pikir, segalanya berjalan dengan benar.”

Nasib baik kemudian secara perlahan mendatangi Ledger. Dari mulai memerankan karakter Patrick Verona, remaja berambut gondrong yang cerewet di film drama coming-of-age berjudul 10 Things I Hate About You (1999), Ledger lantas melebarkan sayapnya ke film-film "serius" seperti The Patriot (2000)—di mana ia bermain bersama aktor kawakan Mel Gibson—dan Monster’s Ball (2001), yang berkisah tentang rasisme.

Momentum emas Ledger datang, manakala ia bermain di Brokeback Mountain, sebuah film yang mengisahkan asmara dua peternak domba di kaki pegunungan Wyoming.

Ledger berperan sebagai Ennis Del Mar, yang terlibat relasi romantis dengan Jack Twist (Jake Gyllenhaal). Berkat Brokeback Mountain, nama Ledger melambung: masuk nominasi Aktor Terbaik di ajang Academy Awards 2006.

Puncak kegemilangan Ledger sebagai aktor kelas wahid hadir ketika ia memerankan karakter Joker.

Mengenang totalitas berujung nahas

Berdasarkan laporan Uproxx, sebelumnya Ledger diajak Nolan justru untuk memerankan tokoh Batman dalam Batman Begins. Ajakan tersebut ditolak Ledger karena ia merasa tidak cocok. Nolan memahaminya. Barulah ketika ia hendak menggarap The Dark Knight, Nolan kembali mengajak Ledger. Namun kali ini untuk tokoh Joker.

Dalam sebuah sesi tanya jawab di Film Society of Lincoln Center, New York, pada 2012, Nolan menyatakan bahwa rasa lapar Ledger akan seni peran membuatnya pantas memerankan sosok Joker. Kehadiran Ledger, tambah Nolan, akan melahirkan duet yang dahsyat bersama Christian Bale yang memerankan Batman.

Hanya saja, kendati telah menerima tawaran Nolan, Ledger tetap dirundung ketakutan bila ia gagal memenuhi ekspektasi penonton, terutama dari kalangan penggemar Batman yang militan.

“Aku benar-benar takut,” ujarnya dalam wawancara dengan Empire. “Meskipun, hal yang bikin aku takut itu juga bisa bikin bersemangat di saat yang sama. Aku tidak tahu apakah rasa takut ada atau tidak. Tapi, yang jelas, aku harus berani dan percaya bahwa akan ada sesuatu yang berbeda.”

Baca lanjutannya: Perjalanan Karier Heath Ledger, dari Film Drama Sampai Menjadi Joker (Bagian 2)

Related

Entertaintment 76886939679759349

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item