Ini 5 Kebiasaan Harian yang Ternyata Buruk bagi Kesehatan Tubuh Kita

Ini 5 Kebiasaan Harian yang Ternyata Buruk bagi Kesehatan Tubuh Kita, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Meski bagus, olah raga dan makan makanan sehat belum cukup untuk menjaga kualitas kesehatan tubuh kita. Untuk mendukung kesehatan, selain olah raga dan makan sehat, ternyata ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mengurangi efektivitas kedua hal itu.

Berikut ini adalah lima kebiasaan buruk yang mungkin sering kita lakukan, dan tanpa sadar memberi dampak buruk pada kesehatan kita.

Tidur dekat ponsel

Buat kaum muda, ini adalah masalah dan mungkin sulit ditinggalkan. Bagi kamu yang kerja atau mungkin sibuk kuliah malam sebelum tidur, mungkin itu satu-satunya waktu luang yang tersisa untuk berbincang dengan teman lewat perangkat online. Apalagi buat yang lagi asyik-asyiknya chat dengan gebetan atau pacar

Cobalah untuk menghindari memegang ponsel agar kualitas tidurmu lebih optimal, dan kamu bisa bangun dengan lebih semangat di waktu pagi. Hal itu juga bisa mengurangi dampak buruk dari radiasi ponselmu.

Duduk terlalu lama

Duduk berjam-jam ternyata terkait dengan sejumlah masalah kesehatan, seperti diabetes tipe 2 dan kematian akibat penyakit jantung. Penelitian menyebutkan, duduk kurang dari tiga jam sehari dapat meningkatkan harapan hidup selama dua tahun. Lalu bagaimana kalau kamu memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk, apalagi sampai berjam-jam setiap hari?

Sebaiknya, biasakan selama lima menit untuk berjalan setiap satu jam. Dengan begitu, peredaran darah dan sirkulasi oksigen bisa terus berjalan dalam tubuh, sekaligus membuat badan sama kaki rileks ketika kamu akan kembali bekerja

Asyik dengan camilan

Terjebak dalam rumah, dan tidak tahu akan melakukam apa selain duduk manis di depan TV, tanpa sadar semua berakhir dengan satu toples penuh keripik singkong.

Singkong memang bukan makanan berbahaya, tetapi ketika digoreng garing lengkap dengan bumbu asin berlimpah, masalah bisa datang. Bahkan bisa menyebabkan kadar kolesterol meningkat, dan imunitas menurun.

Larut dalam stres

Tekanan kerja, tekanan sekolah, kelelahan karena kerja berlebihan, tekanan karena masalah pribadi serta keluarga, dan segala hal yang bikin stres, terbukti klinis menurunkan imunitas.

Dan tanpa disadari oleh kebanyakan orang, stres sering datang bukan hanya dari tekanan kerja dan tekanan keluarga, tetapi dari pembatasan aktivitas sosial. Mereka yang hidup terlalu mandiri, jauh dari aktivitas sosial dan pergaulan sosial, seringkali merasa sendiri dan tertekan.

Beraktivitaslah bersama keluarga, teman, atau siapa saja, yang bisa bikin pikiran lebih fresh di waktu senggang, weekend, atau bisa juga di tempat kerja dengan selingan obrolan yang membantumu lebih bisa menikmati aktivitas kerja.

Menutup tirai rapat-rapat sebelum tidur

Cahaya alami akan membantu siklus alami tubuh lebih teratur, termasuk siklus tidur dan bangun. Kalau kamu sering bangun dengan perasaan lelah dan pusing, ruangan gelap dan tertutup tirai mungkin jadi penyebabnya.

Biarkan tirai jendela kamarmu terbuka waktu kamu tidur, supaya sinar matahari pagi bebas masuk dan membangunkanmu secara alami.

Related

Tips 3749886739398280323

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item