Mau Jaga Imun Tubuh dengan Konsumsi Suplemen? Ini Panduan dari BPOM

Mau Jaga Imun Tubuh dengan Konsumsi Suplemen? Ini Panduan dari BPOM, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Memperhatikan imun tubuh selama pandemi Covid-19 tentu sangat penting. Sebab, kekebalan tubuh yang baik bisa melawan segala jenis virus dan bakteri jahat yang ingin masuk ke dalam tubuh, termasuk virus corona.

Selain lewat asupan gizi yang baik, olahraga cukup, banyak minum air putih dan mengelola stres, sistem imun tubuh juga bisa dibentuk lewat konsumsi suplemen. Meski begitu, penting memperhatikan berbagai hal agar manfaat suplemen bisa dinikmati secara maksimal.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melalui buku pedoman 'Serba Covid: Cegah Covid-19 Sehat untuk Semua', menyebutkan lima hal yang harus dipahami dari mengonsumsi suplemen. Apa saja?

Harus sesuai aturan dosis

Bagi Anda yang berminat untuk mengonsumsi suplemen, BPOM menyarankan agar senantiasa memperhatikan aturan dosis yang berlaku. Sebab, mengonsumsi terlalu sedikit tidak akan memberikan pengaruh apa-apa pada tubuh.

Sebaliknya, mengonsumsi suplemen secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti mual, muntah hingga diare.

Suplemen sebaiknya tidak diminum bersama dengan obat

Apabila Anda akan mengonsumsi obat dan suplemen, ada baiknya tidak meminumnya bersamaan. Karena terdapat beberapa kandungan suplemen kesehatan tidak dapat berinteraksi dengan obat. Untuk itu BPOM menyarankan agar memberi jeda minum suplemen sebanyak 1-1,5 jam setelah mengonsumsi obat.

Suplemen kesehatan tidak dapat menggantikan (substitusi) makanan secara utuh

Masyarakat wajib memahami bahwa suplemen tidak bisa mengganti nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebaliknya, ini hanyalah tambahan dan bukan kebutuhan utama.

Jadi ada baiknya jika setiap orang tidak sepenuhnya mengandalkan suplemen untuk kesehatan tubuh, melainkan tetap menjalankan pola hidup sehat lewat makan makanan bergizi.

Suplemen berbeda dengan obat

Masih minim pengetahuan masyarakat tentang hal ini. Yang perlu digarisbawahi, suplemen kesehatan tidak memiliki khasiat untuk mengobati penyakit.

Jadi saat Anda mengalami keluhan, suplemen bukan alternatif yang baik untuk menyembuhkan. Melainkan suplemen berguna untuk membantu memastikan semua kebutuhan tubuh terpenuhi.

Konsultasikan kepada dokter atau apoteker

Mengonsumsi suplemen mungkin memerlukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker, apabila suplemen digunakan pada anak. Anda pun perlu berkonsultasi dengan ahli bila Anda mengonsumsi suplemen bersama obat resep dokter.

Para ibu hamil, menyusui atau orang yang sedang program hamil, hingga kondisi setelah operasi, penting pula untuk berdiskusi dengan para ahli. Ada baiknya juga berdikusi tentang berbagai risiko efek samping suplemen.


Related

Tips 3045386353720250501

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item