Ternyata Ini Penjelasan Kenapa Kita Mudah Lapar Saat Musim Hujan

Ternyata Ini Penjelasan Kenapa Kita Mudah Lapar Saat Musim Hujan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Saat hujan tiba, banyak orang merasa lapar dan ingin makan. Mulai dari makan makanan besar nan hangat seperti bakso, sup, mie instan rebus, hingga camilan-camilan.

Sebetulnya, fenomena ini klise untuk sebagian orang, karena dianggap hanya sugesti saja. Saat hujan turun, Anda malas berkegiatan, dan makan menjadi satu-satunya kegiatan yang mudah dilakukan. Namun ternyata, rasa lapar yang muncul saat hujan tidak hanya sugesti, melainkan ada teorinya.

Sebuah penjelasan ilmiah diungkapkan oleh Judith Wartman, seorang ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology Amerika Serikat. Wartman memiliki teori mengapa saat hujan turun bikin nafsu makan seseorang jadi meningkat. Ternyata, ada hubungannya dengan paparan sinar matahari dan hormon di dalam tubuh.

“Saat hujan, jumlah cahaya matahari jadi sedikit. Sehingga membuat hormon serotonin atau hormon yang mengatur waktu tidur, suasana hati dan nafsu makan, menurun,” ujar Wartman.

Selain itu, Wartman yang juga menulis buku berjudul “The Serotonin Power Diet” ini mengatakan, bahwa saat hujan turun suhu tubuh cenderung turun atau kedinginan. Sehingga otak memberi sinyal bahwa tubuh harus kembali dihangatkan. Bagaimana caranya? Selain mengenakan pakaian hangat, makanan juga bisa menjadi pemanas alami untuk suhu tubuh.

“Mengonsumsi karbohidrat dapat membantu seseorang merasa lebih baik. Karena karbohidrat bisa menaikkan jumlah kadar hormon serotonin di dalam tubuh secara lebih cepat,” tuturnya.

Related

Science 870275222946114035

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item