Ini Tips Jitu untuk Menaikkan Kecepatan Internet Broadband di Rumah

Ini Tips Jitu untuk Menaikkan Kecepatan Internet Broadband di Rumah, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pemerintah Jakarta memutuskan untuk memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama 28 hari hingga 22 Mei, dalam upaya untuk menahan penyebaran penyakit virus corona baru (COVID-19). Artinya, masa kerja di rumah atau work from home (WFH) pun juga diperpanjang.

Tentunya, di masa-masa seperti ini, koneksi internet yang cepat dan tanpa lagging benar-benar penting. Bukan hanya untuk hiburan, tetapi demi lancarnya pekerjaan juga.

Namun, semakin banyak yang tetap di rumah, beban pada koneksi internet juga semakin besar. Mengingat hal tersebut, inilah cara-cara untuk membuat koneksi internetmu lebih cepat.

Tips pertama untuk membuat internet lebih cepat adalah dengan mengurangi beban. Maksudnya, jumlah perangkat yang memakai koneksi internet. Ibaratkan koneksi internetmu seperti kapal kecil. Jika terlalu banyak muatan, kapal bisa oleng, lalu tenggelam.

Jika kamu memiliki lebih dari satu perangkat yang terkoneksi dengan internet, lihat yang mana yang kamu pakai. Tablet atau ponsel cerdas yang terhubung dengan internet akan tetap menjalankan background process.

Jika tidak perlu, jangan sambungkan dengan internet. Dijamin, koneksi internetmu terasa lebih cepat.

Selain itu, manajer PR di Uswitch (mesin pencari belanja di Inggris), Rory Stoves, mengingatkan bahwa jika kamu menggunakan laptop untuk bekerja, usahakan untuk hanya menggunakan piranti lunak yang diperlukan.

Jangan menyalakan seabrek piranti lunak yang tidak perlu. Hal tersebut sama saja membebani koneksi internet.

Selain itu, Stoves juga mengingatkan untuk tidak menaruh router di dekat perangkat-perangkat elektronik. Hal itu dapat menyebabkan gangguan pada koneksi internet. Perangkat-perangkat seperti speaker, TV monitor, hingga telepon, harus jauh dari router. Tetapi, jangan letakkan router di lantai.

“Pastikan router ada di tempat di mana kamu paling sering mengakses internet,” kata Stoves.

Mungkin beberapa tidak tahu, kamu disarankan untuk me-reboot router secara rutin. Apa yang perusahaan penyedia layanan internetmu katakan jika kamu mengeluhkan koneksi yang lambat?

Ya, "di-restart dulu modemnya", kan? Hal itu memang efektif untuk membetulkan koneksi internet yang lambat. Jadi, jangan lupa untuk reboot router-mu secara rutin.

Kemudian, trik yang bisa kamu pakai untuk melancarkan koneksi internet adalah dengan selalu mengecek kecepatan internetmu. Gunakan layanan speed test yang tersebar secara gratis dan daring.

Mengecek kecepatan internet penting untuk mengetahui apakah kamu mendapatkan kecepatan yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia. Pastinya, juga untuk mengetahui apakah ada yang salah dengan koneksimu.

Situs-situs gratis, salah satunya Speedtest.net, juga menyediakan jasa untuk mengukur kelincahan koneksi internetmu. Pastikan untuk menjaga ping rendah, sementara kecepatan unduh (download) dan unggah (upload) tetap tinggi.

Router kabel lebih baik daripada nirkabel

Kamu sudah berlangganan satu layanan sejak 2010, dan belum ganti router hingga sekarang? Mungkin, inilah saatnya bagimu untuk mengucapkan "selamat tinggal" pada router lamamu.

Dengan membarui router, kamu bisa mendapatkan versi yang lebih baru, juga lebih cepat dari router lamamu.

Segera hubungi perusahaan penyedia layanan internetmu untuk membarui router. Tentunya, ada beberapa ketentuan yang harus ditandatangani dan harga yang dibayar untuk membarui router-mu.

Nah, jika kamu sudah memutuskan untuk membarui router, inilah saran selanjutnya. Kalau kamu diharuskan memilih, menurutmu, apakah yang nirkabel lebih baik daripada kabel?

"Iya, dong. Kan, sesuai dengan perkembangan zaman. Semuanya wireless."

Tidak selalu begitu, ternyata.

Selain lebih murah, router kabel menawarkan koneksi internet yang jauh lebih andal dan cepat dibandingkan nirkabel. Tinggal colokkan ke PC atau laptop, dan nikmati koneksi internet super cepat.

Sebelum memilih router kabelmu, pastikan untuk melihat nomor "Cat"-nya. Nomor Cat terdapat pada kabel router yang akan kamu beli (dari 5 hingga 8). Semakin tinggi nomor Cat-nya, semakin tinggi juga kecepatan transmisi dan bandwidth yang akan kamu dapat. Minimal, dapatkan router dengan Cat 5.

Untuk saran yang satu ini, dengan catatan, penggunaan internet hanya terbatas untuk dirimu sendiri. Jika kamu mendaftarkan internet untuk satu rumah, tentu saja router nirkabel lebih baik.

Jika kamu ingin memperkuat koneksi internet pada router-mu, kamu juga bisa mempertimbangkan melengkapinya dengan penguat sinyal, atau WiFi extender.

Mungkin solusi ini terdengar seperti hoaks, tetapi beberapa peralatan penguat sinyal WiFi yang sering dikira hanya gimmick untuk menarik pelanggan, ternyata memang melakukan tugasnya dengan baik. Tinggal colokkan di tempat yang susah sinyal, maka sinyal akan langsung menuju ke tempat itu.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Tips 2125467146679723149

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item