Mengenal Historiografi Barat dan Pemikiran Tokoh-tokohnya

Mengenal Historiografi Barat dan Pemikiran Tokoh-tokohnya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Dalam historiografi Barat, terdapat para tokoh yang terkenal pada masanya. Pemikiran yang brilian menghasilkan karya yang mengagumkan, hingga dikenang dalam sejarah sepanjang masa.

Historiografi Barat mengalami periodisasi perkembangannya: historiogrsfi Yunani Kuno, historiografi Romawi, historiografi Abad Pertengahan, historiografi zaman Renaissance, dan historiografi modern.

Pada Abad Pertengahan, sejarawan lebih menekankan kontituitas daripada periodesasi. Mereka cenderung menganggap Abad Pertengahan sebagai kelanjutan imperium Romawi. Dua nama tokoh dan pemikir yang terkemuka pada abad ini yaitu David Hume dan Voltaire.

Pemikiran Hume lebih kepada empirisme. Empirisme merupakan doktrin filsafat yang menekankan peranan pengalaman dalam memperoleh pengetahuan, dan mengecilkan peranan akal.

Tokoh kedua yang mengidolakan David Hume adalah Voltaire. Seperti halnya filsuf sejarah idolanya, David Hume, Voltaire juga menolak untuk bersubordinasi dan membatasi diri pada kajian tentang etika, yang diterimanya sebagai doktrin keagamaan dalam proses belajar.

Related

Science 4255366706193067264

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item