Pemerintah: Belum Ada Ahli yang Bisa Pastikan Kapan Akhir Wabah Corona

Pemerintah: Belum Ada Ahli yang Bisa Pastikan Kapan Akhir Wabah Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, menyatakan hingga saat ini belum ada ahli yang dapat memastikan kapan pandemi covid-19 akan berakhir.

Berbagai penelitian yang muncul, menurut Doni, hanya sebuah prediksi untuk mengetahui lamanya pandemi covid-19.

"Bapak presiden menekankan pentingnya kerja sama, gotong-royong dari lembaga internasional, juga memberi apresiasi kehadiran relawan di tanah air. Ini bisa menjadi modal sosial kita yang kuat karena melihat kapan berakhirnya covid ini belum ada satu pun ahli yang bisa memastikan, semua masih dalam bentuk prediksi, dan juga analisis," ujar Doni saat jumpa pers melalui akun Instagram Sekretariat Kabinet.

Doni mengatakan, upaya yang dapat dilakukan saat ini adalah dengan memaksimalkan upaya pencegahan. Melalui cara itu, kata dia, jumlah penyebaran kasus covid-19 dapat dikurangi.

"Stamina sosial kita melalui gotong royong, yang mana gugus tugas juga menggunakan metode penta helix berbasis komunitas dalam melakukan upaya-upaya, khususnya pencegahan," kata Doni.

Metode penta helix berbasis komunitas ini mengacu pada kekuatan pemerintah, masyarakat, akademisi, dunia usaha, dan media.

Kepala BNPB ini juga menyampaikan perintah Presiden Joko Widodo terkait upaya lebih keras lagi untuk mengurangi angka kematian pasien covid-19. Menurutnya, informasi positif kepada pasien yang masih dirawat saat ini penting untuk menumbuhkan optimisme dan semangat demi meningkatkan imunitas tubuh agar pasien dapat pulih.

"Pak presiden menekankan upaya agar kita bisa kerja lebih keras lagi untuk mengurangi kematian dan meningkatkan pasien sembuh. Oleh karenanya, kerja sama dari semua pihak sangat dibutuhkan," ucapnya.

Sebelumnya, sejumlah akademisi memprediksi penyebaran covid-19 baru akan berakhir pada Mei di Indonesia. Namun dari hasil kajian Badan Intelijen Negara (BIN) puncak kasus covid-19 justru diprediksi akan terjadi pada Juli 2020 dengan jumlah mencapai 106 ribu kasus.

Jokowi sendiri pernah menyampaikan prediksi pandemi covid-19 akan selesai akhir tahun ini. Ia meyakini bahwa sektor pariwisata yang cukup terimbas akibat pandemi akan kembali booming pada 2021.


Related

News 1132686541293297048

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item