Kisah Orang yang Mewawancarai Penjahat-penjahat Paling Kejam di Dunia (Bagian 2)

Kisah Orang yang Mewawancarai Penjahat-penjahat Paling Kejam di Dunia naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah Orang yang Mewawancarai Penjahat-penjahat Paling Kejam di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Anda bertahun-tahun mempelajari profil lebih dari 600 kriminal kejam untuk buku Anda. Siapa orang paling jahat yang pernah Anda pelajari?

Menurut saya, sebutan itu paling pas diberikan pada David Parker Ray. Dia memodifikasi truk trailer besar menjadi ruang penyiksaan korban-korbannya, di New Mexico. Dia mengikat dan menggantung para perempuan, korban-korbannya, sehingga mereka tidak dapat bergerak.

Selama penyiksaan dilakukan, dia melakukan hal-hal yang amat buruk kepada mereka sambil membacakan tulisan sepanjang 17 lembar tentang hal buruk apa saja yang akan dia lakukan kepada mereka.

Sosok paling jahat lain saya temukan dari Wisconsin, namanya John Ray Weber. Dia tega melakukan hal menyeramkan, seperti memotong alat kelamin para korbannya, ketika mereka masih hidup.

Bagi saya, dua nama tadi sangat mengejutkan, karena tingkat kejahatan, penyiksaan, dan hal menyakitkan yang sanggup mereka lakukan terhadap manusia lain, benar-benar tak terbayangkan.

Dalam epilog untuk edisi cetak ulang, saya juga menampilkan contoh baru kejahatan yang benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya. Ada sekelompok perempuan, jumlah mereka 21 orang, pada 1987 sengaja mencelakai seorang wanita hamil yang akan melahirkan.

Mereka membunuh si perempuan korban itu, mengoperasi paksa perut korban, lalu mencuri janin hidup-hidup. Tindakan kelompok ini bisa dibilang jenis kejahatan yang baru. Saya tidak pernah menemukan jejak kejahatan serupa sebelum 1987.

Bagaimana dengan pembunuh berantai terkenal seperti Charles Manson atau John Wayne Gacy dalam skala Anda?

Saya akan menempatkan Manson dalam posisi yang agak rendah, karena dia sebenarnya cuma menginspirasi orang-orang lain untuk berani membunuh. Okelah, dia membunuh dua orang di peternakan, dijadikan tempat berkumpul oleh sekte yang dia pimpin. Tapi, Manson [lebih merupakan] tipe yang menginspirasi anggotanya melakukan tindakan kejahatan.

Dia menginspirasi para pengikut sektenya membunuh aktris Sharon Tate ketika sedang hamil sembilan bulan, sambil berteriak “Mati kau jalang!” Perilakunya cukup jahat, tapi memotivasi orang agar berani melakukan kejahatan, posisinya agak di ujung skala saya yang terhitung ringan. Tindakan Manson tidak menunjukkan semacam penyiksaan atau tidak adanya rasa kasihan yang ditunjukkan sebagian pengikutnya. Dia agak susah ditempatkan dalam skala tersebut.

Gacy, di sisi lain, menculik anak-anak laki-laki dari stasiun bis Greyhound. Dia membawa korban ke rumahnya untuk diperkosa, dibunuh, lalu dia bakal membuang mayatnya di bawah beranda rumah.

Pembunuh berantai terkenal seperti Gacy sebenarnya sudah mendekati posisi paling atas dari skala saya. Tapi dia secara personal tidak sengaja menyiksa korbannya seperti cara David Parker Ray yang saya tempatkan di posisi paling puncak, posisi paling jahat.

Orang di puncak skala saya benar-benar sengaja membangun kamar penyiksaan di rumah masing-masing, serta menginginkan korban mengalami rasa sakit yang tak tertahankan dan tak terbayangkan sebelum dihabisi. Tindakan itu membuat Parker Ray lebih buruk dari Manson atau Gacy sekaligus.

Mengapa Anda merasa penting untuk memperbarui isi buku Anda di cetakan ulang?

Saya mulai berpikir ada perubahan kebudayaan di Amerika Serikat selama 50 tahun belakangan. Walaupun tingkat pembunuhan menurun, beberapa kasus pembunuhan yang terjadi belakangan sifatnya benar-benar keji.

Saya merasa sebagian motif dan modus operandi pembunuhan gaya baru ini tidak pernah terjadi sebelum tahun 1960. Makanya, saya membuat kriteria baru bernama “New Evil” sebagai tindak kejahatan yang spektakuler dan tidak lazim.

Menurut pandangan pribadi Anda, apakah penelitian soal sifat para penjahat bisa mempengaruhi sistem peradilan?

Dalam hukum pidana, juri dan hakim harus yakin 100 persen bahwa pelaku bertindak jahat. Jika tindakan pelaku mencapai penyiksaan ekstrem seperti yang dilakukan David Parker Ray, maka menurut saya pemenjaraan seumur hidup tanpa ada pembebaskan bersyarat atau hukuman mati tidak menjadi masalah.

Faktanya, di AS sepanjang kurun 30 hingga 40 tahun terakhir, tidak banyak lagi kasus kejahatan kejam yang dijatuhi hukuman tertinggi. Menurut saya, sistem peradilan pidana kita belum banyak memperhatikan adanya aspek diagnosis sifat kriminal.

Bagaimana dengan orang yang menunjukan kecenderungan kejahatan sejak usia dini?

Pengadilan biasanya menganggap ketika pelaku masih di bawah usia 18 tahun dan masih remaja, maka dia tidak seharusnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Ada anggapan bagaimanapun pelaku masih anak-anak, sehingga masih ada harapan untuk penebusan dosa.

Namun, tidak selalu demikian sebenarnya. Ada beberapa anak yang tidak berperasaan, yang kemampuan emosionalnya sangat buruk, sehingga mereka mampu melakukan hal keji kepada orang lain. Ketika mereka mencapai 17 atau 18 tahun dan memasuki umur 20-an, mereka akan menjadi psikopat yang tidak bisa disembuhkan, dan tidak bisa hidup normal di tengah masyarakat.

Juri ataupun hakim seharusnya mempertimbangkan hal tersebut. Ada orang yang setelah menginjak usia remaja memang tak bisa kita rehabilitasi lagi.

Lalu bagaimana sebaiknya kita menghukum atau menangani kriminal keji yang usianya masih muda?

Walaupun sebagian besar dari mereka memiliki peluang berubah dan membaur lagi di masyarakat, kita harus lebih tegas dalam menghukum anak-anak yang sudah menunjukkan gejala psikopat akut.

Jika Anda melakukan kejahatan yang mengerikan dengan tidak berperasaan dan menunjukan tanda-tanda pra-psikopat, kemungkinannya sembuh tidak akan sebesar anak-anak lain yang masih memiliki kualitas pribadi menjadi lebih baik. Pengadilan seharusnya lebih memperhatikan diagnosa klinis kejiwaan mereka. Jangan hanya terpaku pada usia pelaku kejahatan.

Related

Science 8733057675654291576

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item