Ternyata, Pohon Sebenarnya Tidak Pernah Berhenti Tumbuh

Ternyata, Pohon Sebenarnya Tidak Pernah Berhenti Tumbuh, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kapan pohon berhenti tumbuh? Jawaban sederhana untuk pertanyaan itu adalah pohon tidak pernah berhenti tumbuh. Pohon adalah organisme hidup paling besar di Bumi.

Salah satu pohon yang paling besar adalah kayu merah raksasa di California, yang dapat tumbuh hingga ketinggian 100 meter, dan dapat memiliki batang dengan diameter 11 meter.

Sementara pohon paling tua yang diketahui adalah pohon bristlecone, yang tumbuh di White Mountains di California, AS. Meski pohon itu cukup kecil, beberapa di antara pohon yang berbonggol-bonggol itu berusia lebih dari 4.500 tahun.

Faktor-faktor lingkungan, seperti ketersediaan air, kualitas tanah, dan perubahan cuaca, dapat mempengaruhi pertumbuhan sebuah pohon. Air ditarik ke atas dari akar sampai puncak pohon oleh daun-daunnya.

Selama tidak ada pembabatan, perusakan, atau penumbangan yang dilakukan manusia, bisa dibilang pohon tidak berhenti tumbuh.

Related

Science 2392834764716628755

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item