Warganet Siapkan Donasi untuk Pemulung Miskin, ternyata Rumahnya Dua Lantai

Warganet Siapkan Donasi untuk Pemulung Miskin, ternyata Rumahnya Dua Lantai, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Belakangan ini publik dibikin terharu oleh cerita Abah Tono, pemulung yang berpenghasilan Rp 1.500 per hari. Namun ternyata kehidupan Abah Tono di rumahnya justru di luar dugaan.

Kisah Tono pemulung yang mengaku hanya mendapat uang Rp 1.500 viral di media sosial. Pengakuan Tono itu awalnya terungkap lewat video yang dibagikan oleh akun Instagram @salahasahsalahasihsalahasuh.

Dalam video itu terlihat sosok Tono yang memakai kaus lusuh sedang memegang karung. Karung tersebut digunakan Tono untuk menyimpan barang bekas yang didapat. Tono kemudian diajak berbincang oleh seorang pria.

"Abah pendapatan suka dapat berapa?" tanya pria tersebut.

"Paling Rp 1.500-2.000," balas Tono.

Pria itu kemudian bertanya lagi, "Cukup untuk makan Rp 1.500?".

Tono pun menimpali, "Cukup untuk beli air saja. Makannya gimana nanti saja, terkadang makan, terkadang tidak."

Mendapat jawaban tersebut, pria dalam video kembali mengajak bicara Tono. "Ini penghasilan Rp 1.500?" tanyanya, tak percaya.

Tono menunjukkan senyumnya, dan mengaku bahwa uang tersebut besar baginya. "Kan besar itu menurut Abah mah, udah bisa beli kerupuk," jawab Tono.

Viralnya kisah Abah Tono ini membuat publik terharu, bahkan beberapa orang terdorong untuk memberi bantuan.

Namun, belakangan diketahui bahwa kehidupan Abah Tono ternyata tak sulit seperti yang dibayangkan.

Usut punya usut, Abah Tono ternyata tinggal di rumah yang lebih dari cukup untuk seseorang yang berpenghasilan 1.500 rupiah per hari. Ia tinggal di rumah berlantai dua, dan sebuah sepeda motor yang terparkir di dalamnya.

Entah ini kabar bagus karena kita tak harus melihat masyarakat yang mengalami penderitaan menyakitkan, atau kita yang harus lebih waspada mempercayai cerita orang.

Namun, terungkapnya kondisi rumah Abah Tono telah membuatnya meminta maaf kepada publik, atas kegaduhan yang melibatkannya di sosial media. Abah Tono juga menyampaikan terima kasih atas bantuan dari masyarakat yang ia terima sejak video tentangnya viral.

Abah Tono mengaku, percakapan dengan anak muda dalam video tersebut berlangsung singkat. Ia ditanya mengenai pendapatan sehari-hari.

"Ya saya bilang Rp 1.500 itu betul. Cukup enggak, Bah, katanya. Ya saya bilang cukup, kalau untuk beli air sama krupuk," kata Abah Tono.

Abah Tono juga mengaku dirinya tak menyangka mendapat bantuan dari warga dan aparat di lingkungannya sejak video tentangnya viral.

Related

News 6473467327061561278

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item